SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho, saat meninjau Pos Terpadu GT Kalikangkung, Kamis (27/4/2023). (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng memutuskan untuk menerapkan one way lokal atau memperpanjang skema satu arah menyusul tingginya arus balik Lebaran 2023 pada Kamis (27/4/2023).

One way yang sebelumnya hanya diterapkan mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung menuju Tol Cikampek, kini diperpanjang hingga Km 425 atau ruas tol Ungaran sepanjang 11 kilometer menuju arah barat. Selain di tol, Polda Jateng juga menerapkan skema one way di luar ruas tol, tepatnya di fly over Brebes hingga pintu tol Pejagan.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

“One way lokal juga dilakukan di jalur non tol yakni di fly over Klonengan menuju arah pintu tol Pejagan, Brebes. Di sana dilakukan one way dan buka tutup arus kendaraan karena kapasitas jalan yang sempit sedangkan arus kendaraan cukup besar,” ujar Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho, di Pos Terpadu Pintu Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Kamis (27/4/2023).

Kebijakan itu, lanjut Dirlantas Polda Jateng, berdampak positif pada arus lalu lintas kendaraan. Arus kendaraan menjadi terpecah sehingga lalu lintas terpantau lancar baik di ruas tol maupun non tol.

Agus jugaa mengungkapkan arus balik kendaraan yang melalui Gerbang Tol Kalikangkung saat ini sudah mencapai 47 persen. Untuk itu, pihaknyaa mengantisipasi sisa kendaraan sejumlah 53 persen yang akan melakukan perjalanan pada arus balik Lebaran tahap kedua yakni 28-30 April mendatang.

“Untuk mengantisipasi itu, akan diterapkan kebijakan termasuk larangan kendaraan angkutan [truk] sesuai SKB [surat keputusan bersama], one way maupun ganjil genap kendaraan yang masuk jalan tol,” kata Dirlantas

“Kendaraan berpelat nomor genap yang akan berangkat di tanggal ganjil, dan sebaliknya, disarankan untuk mengambil jalur arteri atau non tol. Silakan para pengendara yang akan balik, menentukan mau berangkat tanggal berapa.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya