SOLOPOS.COM - Pemandian air panas Guci di Tegal. (Youtube)

Solopos.com, TEGAL — Guci Indah adalah kompleks wisata di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang berada di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Objek wisata dengan luas sekitar 210 hektar (Ha) ini berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa.

Dilansir dari ensiklopedia digital, Rabu (13/4/2022), wahana air yang ada di Guci Indah ini di antaranya pancuran air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, seperti reumatik, koreng, dan penyakit lainnya. Pancuran ini dikenal dengan pemandian pancuran 13 yang memang memiliki 13 air mancur.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Lalu ada 10 air terjun yang terletak di atas pancuran 13. Salah satu air terjunnya adalah air terjun Jedor yang berair dingin. Dinamakan Jedor karena air terjun dengan ketinggian 15 meter itu adalah milik dari seorang lurah setempat yang bernama Jedor.

Baca juga: Waduk Mrica, Bendungan Raksasa Banjarnegara Terpanjang se-Asia Tenggara

Objek wisata ini ramai dikunjungi saat malam Jumat Kliwon karena banyak warga yang melakukan ritual ngalap berkah. Ritual yang dilakukan mandi di pancuran pada tengah malam yang dipercaya dapat mengabulkan semua permintaan dan harapan.

Pacuran Wali Songo

Berdasarkan legenda, air panas di Guci Indah ini dulu diberikan oleh Wali Songo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat, tepatnya di sekitar Tegal. Air itu ditempatkan di sebuah guci yang dapat mendatangkan berkah, hingga akhirnya lokasi tersebut dinamakan Guci Indah.

Lokasi objek wisata Guci ini berjarak sekitar 40 menit dari Kota Tegal dan bisa ditempuh dalam waktu hampir satu jam. Sedangkan rute dari arah Semarang, pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Semarang-Tegal dan turun di terminal setempat lalu melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum, menuju Desa Tuwel yang memakan waktu sekitar 30 menit. Dari Tuwel, perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan bak terbuka menuju Guci dengan perjalanan sekitar 30 menit.

Baca juga: Kondisi Terkini Lokalisasi Sunan Kuning Semarang

Harga tiket masuk Kolam Renang air panas Guci Rp15.000 (weekday) dan Rp25.000 (weekend). pengunjung bisa mengunjungi taman wisata air panas guci kapan saja bersama keluarga tercinta. Karena obyek wisata Pemandian Air Panas Guci Indah Tegal ini buka setiap hari selama 24 jam. Selain wisata air, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana menarik, seperti salah satunya sepeda kabel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya