SOLOPOS.COM - CSR Manager PT Astra Honda Motor, Agus Subagja (kedua dari kanan), saat meresmikan Laboratorium Safety Riding di SMKN 1 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (20/9/2023). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, BREBES – Yayasan Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Laboratorium Safety Riding Astra Honda di SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (20/9/2023). Laboratorium safety riding ini juga menjadi yang kali pertama didirikan Astra Honda Motor di Jateng.

CSR Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Agus Subagja, mengatakan laboratorium ini merupakan bentuk komitmen AHM untuk menciptakan generasi muda yang sadar berkendara aman. Ia mendorong generasi muda, khususnya siswa SMK Negeri 1 Bulakamba menjadi contoh bagi warga lain.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Kami melihat ada kesungguhan dan ada komitmen dari sekolah. Kami mengajak kenapa harus laboratorium safety riding ini menjadi generator safety riding. Kami memfasilitasi salah satunya dengan menjadi duta safety riding, sebelum kita mengajak orang lain kita harus mulai dari diri sendiri. Kita harus punya ilmu. Kita punya kewajiban untuk melindungi diri agar tidak zalim dengan pengendara lain,” ujarnya di sela peresmian Laboratorium Safety Riding di SMK N 1 Bulakamba, Brebes, Rabu (20/9/2023).

Ia menjelaskan, ada banyak hal yang bisa dipelajari dan dipraktikkan dalam laboratorium ini. Ia ingin agar tidak ada lagi korban yang mati sia-sia karena kecelakaan di jalan.

“Ini untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengetahuan kita. Ini jadi ajang untuk kita berperilaku aman berlalu lintas. Kita kuatkan dan sukseskan komitmen budaya baru keselamatan lalu lintas agar kita tidak mendengar kabar orang-orang terdekat kita terkena insiden di jalan,” imbuhnya

Ia menyebut SMKN 1 Bulakamba sudah membuktikan kesungguhan dan komitmennya terhadap program safety riding. Ia yakin nantinya SMK N 1 Bulakamba dapat mengarahkan anak didiknya untuk dapat menerapkan program keselamatan berlalulintas.

Duta Safety Riding

Agus juga berharap laboratorum safety riding ini dapat memberikan efek positif bagi anak anak muda dan masyarakat. “Kami di sini membetuk agen duta safety riding untuk menyampaikan lagi ke teman-temannya. Kita tahu bahwa milenial atau Gen-Z ini lebih percaya teman ketimpang kami [orang tua]. Jadi kalau dapat referensi dan diskusi dari teman lebih mudah diterima dan dipahami,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Bulakamba Brebes, Ismijarti Dwi Retnaningtyas, menyambut baik adanya Laboratorium Safety Riding yang digagas Astra Honda Motor.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Laboratorium Safety Riding ini menjadi yang keenam di Indonesia dan pertama di Jateng. Kami harap ini akan membawa dampak positif bagi peserta didik, pendidik, dan lingkungan sekitar, terutama lingkungan pendidikan di Jateng,” ujarnya.

Sekadar informasi, total sudah ada enam laboratorium safety riding yang didirikan Astra Honda Motor. Keenam laboratorium itu tersebar di berbagai sekolah di Tanah Air yakni SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, SMK Walisongo Menos Banten, SMK Panca Abdi Bangsa Sumatra Utara (Sumut), SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Jawa Timur, SMAN Bali Mandara Buleleng, dan SMKN 1 Bulakamba Brebes Jawa Tengah (Jateng).

Laboratorium Safety Riding milik Astra Honda Motor ini memiliki tiga bagian untuk pembelajaran. Ketiga zona itu yakni audio visual, simulasi, dan praktik. Zona audio visual digunakan untuk penyampaian materi serta diskusi teknik dan etika berlalu lintas melalui video, zona simulasi dilengkapi video tiga dimensi untuk simulasi dan zona praktik berisi praktik berkendara yang dilengkapi dengan berbagai rintangan dan rambu-rambu lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya