SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Asuransi nelayan bakal segera direalisasikan.  Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan menyatakan asuransi tersebut sudah terealisasi di Sumatra Utara dan Kalimantan Barat 

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Gellwynn Jusuf menjelaskan bahwa program pemberian asuransi untuk nelayan di Jawa Tengah segera direalisasikan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan mereka.

“Kami sudah mulai [merealisasikan] asuransi nelayan, yang sudah dicoba yaitu di Sumatra Utara dan Kalimantan Barat,” katanya di Semarang, Selasa (17/3/2015) seusai bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerjanya.

Lebih lanjut ia menilai bahwa program asuransi untuk para nelayan cukup bagus dan perlu diterapkan di seluruh wilayah di Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya pembayaran premi asuransi untuk nelayan menggunakan dana APBN, tapi karena hal itu tidak diperbolehkan maka premi harus dibayar oleh nelayan yang bersangkutan.

“Besaran preminya saya lupa berapa, tapi asuransi untuk nelayan meliputi asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Lalu Muhammad Syafriadi menyatakan dukungannya terkait dengan realisasi pemberian asuransi untuk nelayan seperti yang diusulkan kalangan legislator.

“Kami sangat mendukung realisasi pemberian asuransi bagi nelayan sebagai bentuk nyata kehadiran pemerintah dalam upaya mensejahterakan para nelayan,” katanya.

Menurut dia, pemberian asuransi dapat memberikan banyak manfaat dan ketenangan bagi nelayan saat melaut karena jika terjadi sesuatu atau musibah, maka keluarga yang bersangkutan akan memperoleh santunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya