SOLOPOS.COM - Proses evakuasi bocah terperosok ke dalam sumur di Banjarsari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Rabu (14/6/2023). (Istimewa)

Solopos.com, BANYUMAS — Seorang bocah berusia 10 tahun di Desa Banjarsari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah meninggal dunia usai tercebur ke sumur sedalam 18 meter. Ia tercebur saat sedang bermain di dekat sumur itu.

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (14/6/2023). Pihaknya mendapat laporan adanya kondisi membahayakan yang menimpa korban yang tercebur sumur.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Kami mengirimkan 1 tim rescuer dari USS Banyumas untuk melakukan evakuasi terhadap korban tercebur sumur di Desa Banjarsari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023).

Insiden ini bermula saat korban bersama teman-temannya sedang bermain di dekat sumur sekitar pukul 15.30 WIB. Nahas, korban tercebur ke dalam sumur yang hanya ditutupi kayu tersebut.

“Teman korban langsung melapor kepada warga serta aparat setempat,” jelasnya.

Korban berhasil dievakuasi pada pukul 17.35 WIB dalam keadaan meninggal dunia. Petugas menggunakan alat tripod untuk menarik korban ke dalam sumur. Satu rescuer juga diturunkan menggunakan alat bantu pernafasan di bawah air.

“Korban dievakuasi dengan cara sistem penarikan menggunakan alat tripod untuk menarik korban dari dalam sumur. Satu rescuer diturunkan mengevakuasi terhadap korban lengkap dengan menggunakan alat self contained underwater breathing apparatus (SCUBA) sebagai alat bantu pernapasan di bawah air dikarenakan posisi korban tenggelam di dasar sumur,” imbuhnya.

Jasad bocah malang itu kemudian dibawa ke Puskesmas Ajibarang 1 untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Operasi SAR dinyatakan selesai dan seluruh unsur SAR dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Hal itu terdiri atas Basarnas USS Banyumas, Polsek Ajibarang, Koramil Ajibarang, BPBD Banyumas, Damkar Banyumas, Baznas Tanggap Bencana, MDMC, RAPI, PMI Banyumas, Puskesmas Ajibarang, Pramuka Peduli, Gumelar Rescue, Keluarga dan Masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya