SOLOPOS.COM - Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P. Martanto. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Kabar baik bagi warga perantauan yang mudik ke Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Selama berada di Kota Semarang, pemudik yang berasal dari Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu bisa mengakses layanan Bus Rapit Transit (BRT) Trans Semarang secara gratis atau tidak dipungut biaya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P. Martanto, mengatakan layanan gratis BRT Trans Semarang itu akan diberlakukan kepada pemudik asal Kota Semarang mulai 19-21 April 2023. Pemudik hanya tinggal memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan untuk mengakses BRT Trans Semarang secara cuma-cuma.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Pelayanannya dari Mangkang ke Simpang Lima. Kemudian Pelabuhan Tanjung Emas ke Simpang Lima. Dengan syarat dan ketentuan, pemudik bisa menunjukkan tiket busnya misalnya dari Jakarta, atau kapal lautnya. Dari situ, kita berikan,” ujar Endro, Senin (17/4/2023).

Endro melanjutkan layanan BRT secara gratis untuk pemudik ini bertujuan sebagai pelayanan yang memberikan kemudahan aksesbilitas penumpang yang turun di terminal maupun di pelabuhan.

“Layanan jam operasi pukul 05.30 WIB sampai 17.30 WIB,” sambungnya.

Sementara Wali Kota Semarang Hevearita Rahayu bertekad untuk total dalam mengawal pemudik. Menurutnya, kenyamanan pemudik penting dengan posisi Semarang sebagai simpul ekonomi Jawa. Semarang berada di tengah-tengah arus mudik, baik dari arah barat ke timur, dan sebaliknya yakni dari timur ke barat.

“Sehingga juga saya sampaikan ke teman-teman, bahwa kita harus melayani semua pemudik,” paparnya lebih lanjut.

Beberapa persiapan seperti posko mudik telah didirikan di Kota Semarang. Baik posko gabungan mau pun posko mudik yang disiapkan sejumlah organisasi masyarakat dan sejumlah perusahaan. Demi mendukung kelancaran lalu lintas pemudik, pihak Polrestabes sendiri juga menyiapkan 14 posko selama Operasi Ketupat 2023. Sebanyak 2 Pos Terpadu di Gerbang Tol Kalikangkung dan Simpanglima, serta 6 pos pelayanan (YAN), 6 pos PAM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya