SOLOPOS.COM - Sunset di Punthuk Setumbu. (Istimewa/Instagram @atv.borobudur)

Solopos.com, MAGELANG — Selain Candi Borobudur, Magelang masih memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, wisata alam Punthuk Setumbu.

Bukit Punthuk Setumbu terkenal sebagai salah satu spot terbaik menawarkan pesona matahari terbit dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Nampak juga megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut semakin memanjakan mata.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Tak heran jika Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit guna menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer.

Melansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, Punthuk Setumbu memiliki tinggi kurang lebih 400 mdpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Sebelum populer seperti sekarang, tempat ini dulunya merupakan ladang penduduk biasa.

Namun suatu ketika datanglah seorang fotografer yang mengabadikan keindahan alam di kawasan tersebut sebagai bagian dari panorama Magelang yang sangat cantik. Hasil jepretan tersebut kemudian tersebar di media sosial. Hingga pada akhirnya orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini guna menyaksikan sunrise.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati fenomena tersebut disarankan untuk tiba di Punthuk Setumbu sebelum pukul 05.00 WIB. Bagi yang rumahnya jauh bisa juga menginap di rumah warga sekitar. Hal tersebut sudah biasa dilakukan oleh para wisatawan yang datang, termasuk wisatawan mancanegara.

Jalan menuju ke lokasi juga sangat mudah diakses dan dari Candi Borobudur hanya berjarak sekitar 5 kilometer. Setelah sampai di parkiran kaki bukit, wisatawan harus tracking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan rute berupa jalan paving kasar dan medannya cukup menanjak. Oleh karena itu wisatawan perlu kesiapan yang matang untuk menuju puncak.

Disarankan juga untuk memakai sepatu ketika naik. Jangan lupa memakai jaket jika Anda berangkat pagi karena udaranya cukup dingin. Tidak perlu takut gelap karena telah disediakan lampu penerang di sepanjang jalan menuju ke puncak.

Sesampainya di puncak Punthuk Setumbu, wisatawan akan dihadangkan pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti matahari terbit.

Perjalanan tracking memang sedikit melelahkan. Namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan saat menyaksikan panorama lautan kabut Borobudur dan mentari yang muncul dari balik Gunung Merbabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya