SOLOPOS.COM - Bawaslu menggelar rapat koordinasi dengan pengawas kecamatan soal tugas pengawas TPS di Hotel @Hom Kudus, Sabtu (20/1/2024). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Sebanyak 2.623 orang petugas akan mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan 14 Februari mendatang di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kudus, Moh Wahibul Minan, mengatakan pengawas tempat pemungutan suara (TPST) pada Pemilu 2024 di Kudus ada sebanyak 2.623 orang. Ribuan orang itu terseleksi dari jumlah pendaftar sebanyak 3.047 orang.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Pada saat pendaftaran sempat ada yang belum terpenuhi, kemudian setelah jadwal pendaftarannya diperpanjang akhirnya bisa terpenuhi,” kata dia, Sabtu (20/1/2024).

Minan menyampaikan nama-nama pendaftar pengawas TPS yang diterima setelah dilakukan verifikasi dan tes wawancara akan dimumkan pada Sabtu (20/1/2024). Selanjutnya, pengawas TPS tersebut akan diberikan bimbingan teknis terkait tugas pengawasannya nanti.

Sementara Sabtu ini, Bawaslu menggelar rapat koordinasi dengan pengawas kecamatan soal tugas pengawas TPS di Hotel @Hom Kudus.

“Nantinya mereka yang akan memberikan pembekalan terhadap masing-masing pengawas TPS di wilayahnya,” ujarnya yang dikutip dari Antara.

Selain bertugas mengawasi jalannya pemungutan dan penghitungan suara di lokasi TPS, PTPS juga bertugas memastikan kebutuhan logistik pemilu terpenuhi. Pengawas TPS juga bertugas mengawasi pengiriman hasil pemungutan suara oleh Petugas Pemilu Desa (PPS) ke tingkat kecamatan.

“Nantinya mereka juga bertugas melaporkan hasil pengawasannya secara daring, sehingga bisa langsung diketahui. Termasuk ketika ada permasalahan bisa diketahui lebih dini,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, kata dia, memang tidak ditemukan permasalahan di lapangan terkait tugas pengawas TPS, karena semua dapat menjalankan tugas dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya