SOLOPOS.COM - Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Syarifuddin. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan kegiatan Penghargaan Prasidatama 2023.

Penghargaan ini diberikan kepada instansi/lembaga dan perorangan di Jateng yang menerapkan penggunaan bahasa secara baik. Selain itu penghargaan ini juga menyasar tokoh yang aktif dan bergiat dalam kesastraan di Jawa Tengah serta kepada buku sastra bermutu.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Syarifuddin,  mengatakan Penganugerahan Penghargaan Prasidatama bertujuan untuk memperkuat komitmen instansi, lembaga pemerintah, dan hotel di Jateng agar menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

“Bagi para sastrawan dan penerbit di Jateng, kehadiran Prasidatama 2023 ini bisa menjadi motivasi untuk menghasilkan dan menerbitkan karya-karya yang bermutu,” ujarnya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (11/7/2023).

Ketua Panitia Penghargaan Prasidatama, Poetri Mardiana Sasti, menyatakan kriteria penerima penghargaan ini meliputi (1) Tokoh Bahasa; (2) SMA/SMK/MA Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik; (3) Lembaga Pemerintah Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik; (4) Hotel Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik; (5) Tokoh Sastra; (6) Antologi Puisi; (7) Antologi Cerpen; (8) Manuskrip Drama; (9) Novel Berbahasa Indonesia; dan (10) Novel Berbahasa Jawa.

“Dokumen di antaranya berupa salinan surat dinas, foto-foto penggunaan bahasa di sekolah, lembaga pemerintah, hotel, antologi puisi, dan antologi cerpen. Selanjutnya manuskrip drama, novel berbahasa Indonesia, dan novel berbahasa Jawa. Semua itu dapat dikirimkan ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Jl. Diponegoro 250, Ungaran, Kabupaten Semarang,” jelas Poetri.

Batas waktu pengiriman dokumen sampai dengan 31 Juli 2023 cap pos. Adapun, untuk kategori Tokoh Bahasa dan Tokoh Sastra, panitia Prasidatama 2023 mengundang individu dan lembaga untuk mengusulkan nama-nama tokoh bahasa dan tokoh sastra di Jawa Tengah sebagai calon penerima Penghargaan Prasidatama Kategori Tokoh Bahasa Indonesia dan Tokoh Sastra Indonesia 2023.

Usulan dapat dikirimkan melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/tokohprasidatama2023 sampai dengan 12 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB.

“Panitia Prasidatama 2023 akan menginventarisasi nama-nama tokoh yang diusulkan, termasuk data pendukung yang memperkuat usulan tersebut. Usulan dengan data pendukung yang lengkap, baik yang berasal dari individu maupun lembaga, akan diserahkan kepada dewan juri melalui mekanisme yang sudah ditetapkan. Seluruh usulan yang diterima akan diperlakukan secara rahasia. Dewan juri akan mempertimbangkan setiap usulan yang masuk dari individu maupun lembaga,” tandasnya.

Adapun kriteria pengusulan tokoh bahasa Indonesia dan tokoh sastra Indonesia adalah sebagai berikut.

Kriteria Pengusulan Tokoh Bahasa Indonesia

1. Tokoh berdomisili dan berkiprah di Provinsi Jawa Tengah.
2. Tokoh berkomitmen terhadap bahasa Indonesia.
3. Tokoh berdedikasi dalam pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia di Jawa Tengah minimal selama lima tahun.
4. Tokoh berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia secara memadai sehingga menjadi teladan dalam berbahasa bagi masyarakat di Jawa Tengah dan Indonesia.
5. Tokoh berpengaruh secara luas kepada masyarakat di Jawa Tengah.
6. Tokoh memiliki pemikiran atau visi misi terhadap bahasa Indonesia di Jawa Tengah.
7. Tokoh belum pernah menerima penghargaan serupa dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Kriteria Pengusulan Tokoh Sastra Indonesia

1. Tokoh berdomisili dan berkiprah di Provinsi Jawa Tengah.
2. Tokoh berkarya, bergiat, dan berkomitmen terhadap sastra Indonesia di Jawa Tengah minimal selama lima tahun.
3. Tokoh berdedikasi dalam pengembangan dan pembinaan sastra Indonesia di Jawa Tengah.
4. Tokoh memiliki konsistensi dalam bidang yang ditekuni dalam pengembangan dan pembinaan sastra Indonesia di Jawa Tengah.
5. Tokoh dinilai tidak hanya dari karya-karya yang telah dihasilkan, tetapi juga keterlibatannya secara aktif dalam mengembangkan dan melestarikan sastra Indonesia.
6. Tokoh mampu mendorong kemunculan tokoh baru yang akan memajukan sastra Indonesia di Jawa Tengah.
7. Tokoh belum pernah menerima penghargaan serupa dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya