SOLOPOS.COM - Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. (JIBI/Solopos/Antara/Aris Wasita Widiastuti)

Solopos.com, SEMARANG — DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) tak mau terburu-buru menunjuk sosok pengganti Bambang Kusriyanto atau yang karib disapa Bambang Krebo sebagai Ketua DPRD Jateng maupun anggota Fraksi PDIP DPRD Jateng dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng 2.

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto atau yang akrab disapa Bambang Pacul meminta semua pihak menghormati pihak keluarga Bambang Krebo yang saat ini tengah berduka dan tidak membuat spekulasi terkait sosok penggantinya sebagai Ketua DPRD Jateng.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Kita tengah berduka atas meninggalnya rekan kita, Mas Bambang Krebo. Beliau sahabat yang baik dalam perjuangan dan kehidupan,” ujar Bambang Pacul, Kamis (6/4/2023).

Menurut Bambang Pacul, kebiasaan masyarakat Jawa masa berkabung adalah 40 hari. Oleh karenanya, ia pun menilai tidak elok atau tidak baik membicarakan suksesi Ketua DPRD Jateng sebelum 40 hari masa kepergian Bambang Krebo.

“Sekali lagi saya minta dengan sangat agar semua pihak tidak berspekulasi, apalagi kasak-kusuk. Kita harus menjaga perasaan keluarga dengan mengedepankan etika, harus manjing ajur-ajer empan papan,” imbuh Bambang Pacul.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto atau yang juga dikenal dengan panggilan Bambang Krebo, meninggal dunia pada Minggu (2/4/2023) sekitar pukul 17.00 WIB. Bambang Krebo yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Jateng itu dimakamkan di TPU Donoloyo, Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Senin (3/4/2023).

Terkait pergantian Bambang Krebo sebagai Ketua DPRD Jateng, Bambang Pacul mengaku sudah ada mekanismenya. Sosok penggantinya akan dibicarakan dengan jajaran pengurus DPD PDIP Jateng. Sedangkan untuk posisi keanggotaan di DPRD Jateng ada aturan dari KPU, terkait pergantian antar-waktu (PAW). Sementara untuk posisinya sebagai Ketua DPRD Jateng maupun sebagai Sekretaris DPD, akan dibahas dalam rapat partai.

Namun hasil keputusan rapat akan dikonsultasikan dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Menurut Pacul, mekanisme itu sudah menjadi kesepakatan bersama.

“Itu sudah baku di PDI Perjuangan. Disiplin dan selalu tegak lurus,” tegas Pacul.

Bambang Krebo selama ini dikenal sebagai kader PDIP yang sangat loyal. Sebelum berkarier di dunia politik, Bambang Krebo merupakan pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Semarang. Ia kemudian memutuskan mundur dari pekerjaannya dan memilih bergabung dengan PDIP sambil membuka usaha bengkel mobil. Krebo juga dikenal sangat dekat dengan Bambang Pacul dan disebut-sebut merupakan orang kepercayaan Ketua Komisi III DPR itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya