SOLOPOS.COM - BPBD, warga, dan relawan saat bergotong royong membersihkan akses jalan yang tertutup bebatuan menggunakan ekskavator di Desa Tajuk Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Jawa Tengah Jumat (24/11/2023) malam. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN – Imbas banjir bandang yang menerjang dua desa di lereng Gunung Merbabu, satu unit sepeda motor milik warga Demak ikut hanyut. Bahkan, hingga kini sepeda motor milik warga itu masih belum ditemukan karena terbawa arus banjir bandang.

Ketua Batur Reaksi Cepat (BRC), Supriyanto, menyebutkan awal mula terjadinya banjir bandang sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung terjadi dengan cepat di Dusun Gedong, Dusun Ngaduman, Desa Tajuk, dan Dusun Batur Kidul, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Untuk di Dusun Batur Kidul, warga selamat tidak ada korban, hanya saja tadi ada pengendara sepeda motor yang sempat hanyut,” ungkap Supriyanto, Jumat (24/11/2023) malam.

Supriyanto membeberkan pengendara sepeda motor itu merupakan warga Demak yang sedang berada di Dusun Batur Kidul. Saat banjir bandang menghantam wilayah Dusun Batur Kidul, dua pengendara motor yang berboncengan itu sempat hanyut. Beruntung, keduanya mampu diselamatkan warga.

“Pesepeda motor itu boncengan dua orang, dan beruntung keduanya selamat dan tadi sudah pulang ke rumah mereka. Namun motor yang dikendarainya hanyut, sampai sekarang masih kami cari di lokasi kejadian oleh beberapa tim relawan gabungan,” ungkapnya.

Rencana, jika tidak diketemukan malam ini, pencarian sepeda motor milik korban yang berasal dari Demak itu akan dilanjutkan Sabtu (25/11/2023) sekitar pukul 08.00 WIB. “Jika malam ini tidak diketemukan maka besok Sabtu pagi, sekitar jam 08.00 WIB akan kami lakukan penyusuran untuk dicari lagi,” bebernya.

Supriyanto juga menjelaskan sampai saat ini proses pembersihan akses jalan nasih dilakukan oleh relawan dari BPBD Kabupaten Semarang, BRC Batur, dan relawan gabungan lainnya antara lain dari Pinus, Rapi, Arkas Kopeng, dan juga warga sekitar lokasi kejadian.

“Untuk di Dusun Batur Kidul ini akses jalan menuju Dusun Batur Wetan sempat terputus karena material dari banjir bandang menutup akses jalan. Dan ini proses pembersihan, sehingga kendaraan roda dua dan empat sudah bisa lewat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya