SOLOPOS.COM - Tangkapan layar kondisi banjir di depan Pasar Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (21/3/2024). (BNPB)

Solopos.com, DEMAK — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir yang melanda di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), mulai berangsur surut pada Kamis (21/3/2024).

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com dari BNPB, Kamis malam, banjir di wilayah Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, dilaporkan mulai surut hingga 50 sentimeter (cm) pada Kamis. Sebelumnya, air menggenangi wilayah tersebut hinggaa setinggi 200 meter.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Demak Kota. Genangan banjir setinggi betis orang dewasa sejak banjir melanda Kota Wali pada Rabu (13/3/2024) berangsur turun 20 cm. Dengan menggunakan mobil pompa, tim gabungan melaksanakan penyedotan air di Sungai Londo, Desa Singorjo, Kecamatan Demak Kota, sejak Rabu (20/3/2024) malam.

Hingga hari ini, wilayah yang masih terdapat genangan air sebanyak enam kecamatan antara lain Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Sayung, dan Kecamatan Demak.

Banjir yang surut itu juga membuat sejumlah pengungsi mulai kembali ke rumahnya. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Demak melaporkan sejumlah pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. Meski demikian, jumlah pengungsi yang masih bertahan di pengungsian adalah sebanyak 24.436 jiwa dan tersebar di 106 titik pengungsian.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Demak bersama unsur forkopimda terus bekerja sama dalam penangan darurat banjir serta melakukan pendataan terhadap dampak kerugian materil. Tim gabungan bersama warga juga telah memulai kegiatan pembersihan lingkungan di wilayah yang telah surut genangannya.

BPBD Kabupaten Demak mengimbau warga untuk selalu waspada akan potensi banjir susulan juga terhadap binatang-binatang liar seperti ular yang muncul pascabanjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya