SOLOPOS.COM - Banjir melanda kawasan Dinar Indah Kota Semarang, Jumat (6/1/2023). (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Banjir yang melanda kawasan Perumahan Dinar Indah, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (6/1/2022), disebabkan tanggul Sungai Pengkol yng jebol. Akibat banjir itu, puluhan rumah warga di Perumahan Dinar Indah terendam air.

Banjir itu terjadi pada Jumat sore. Sebelum banjir, kawasan itu sempat diguyur hujan dengan intensitas tinggi atau deras yaang membuat tanggul sungai tak sanggup menahan debit air yang naik.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Alhasil, tanggul sungai yang melintas di kawasan itu pun jebol. Aliran Sungai Pengkol dengan hulu di wilayah Kabupaten Semarang bermuara ke Sungai Babon di Kota Semarang.

Menurut seorang warga, Yuwono, 45, debit air cukup tinggi akibat kiriman air dari wilayah Ungaran yang juga diguyur hujan. “Air tiba-tibaa masuk dan merendam permukiman,” katanya.

Menurut dia, banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan harta bendanya. Selain itu, lanjut dia, terdapat juga warga yang memilih menyelamatkan diri ke bagian atap rumah.

Petugas gabungan SAR, kepolisian dan TNI telah dikerahkan ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi warga ke lokasi yang lebih aman. Hujan deras, memang mengguyur wilayah Semarang dan sekitarnya sejak sore hingga malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya