SOLOPOS.COM - Motor warga mogok karena menerobos banjir di Desa Rowosari, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (24/5/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN – Tak hanya menyebabkan puluhan rumah terendam, banjir di Musim kemarau yang terjadi di Desa Rowosari, Kecamatan Tuntang dan Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang juga mengakibatkan akses jalan utama di dua desa tersebut terputus, Jumat (24/5/2024).

Pantauan Solopos.com di lokasi, sampai pukul 11.00 WIB akses jalan dari Desa Rowosari menuju Desa Rowoboni masih terdiam air.

Promosi Top! BRI Masuk Daftar 20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024

Ketinggian air di jalan mulai dari 30 centimeter hingga 50 centimeter. Akibatnya beberapa kendaraan warga yang mencoba menerobos banjir mogok.

Seperti yang dialami, Agus Riyadi, motornya mogok setelah menerobos banjir. Ia berniat untuk memancing di Rawa Pening. Ia tak menyangka kalau banjir cukup dalam di beberapa titik.

“Saya kira tadi enggak terlalu dalam. Tapi setelah coba terobos, dalam dan akhirnya mogok ini motornya,” kata Agus kepada Solopos.com, Jumat (24/5/2024).

Akibat motornya mogok itu, Agus mengurungkan niatnya untuk memancing. Karena harus memperbaiki motornya terlebih dahulu.

Selain itu, juga ada beberapa warga lain yang menerobos banjir dan berakhir sama dengan Agus, motornya mogok di jalan.

Sementara itu, Ketua RW 03 Dusun Rowopolo, Desa Rowosari, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Hendra Dwi Nugroho menyebut, akibat akses jalan terputus itu warga yang hendak ke Rowoboni atau sebaliknya harus memutar arah.

“Kalau mutar arah ada 6 kilometer. Mau enggak mau ya putar arah, kalau tidak bakal mogok motornya. Warga juga bersiaga di depan rumah untuk mengingatkan pengendara yang melintas untuk putar arah,” kata Hendra.

Banjir di Dua Desa tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut selama 12 jam dengan curah hujan cukup tinggi. Sehingga menyebabkan sungai meluap dan jebol sekitar 100 meter di satu titik.

Sampai saat ini air di rumah warga mulai surut dan warga mulai membersihkan rumahnya. Sedangkan untuk jalan dua desa itu masih terendam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya