SOLOPOS.COM - Genangan banjir telah memasuki area Stasiun Tawang, Kota Semarang, pada Kamis (14/3/2024) dini hari. (Istimewa-Manajar Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak empat perjalanan kereta api tujuan Semarang, Jawa Tengah (Jateng), harus dialihkan ke jalur selatan menyusul banjir yang terjadi di Ibu Kota Jawa Tengah (Jateng) tersebut pada Kamis (14/3/2024) dini hari.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikn banjir atau genangan air saat ini terjadi di tiga lokasi di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang. Ketiga titik atau lokasi yang tergenang banjir itu yakni petak jalan Stasiun Tawang-Alastua, petak Jalan Stasiun Semarang Tawang-Stasiun Semarang Poncol, dan petak jalan Mangkang-Kaliwungu-Kalibodri.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Dengan kondisi itu, maka pukul 00.30 WIB jalur KA pada tiga titik itu tergenang air hingga ketinggian 10 cm di atas kop rel, sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api yang berdampak pada perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara Jawa,” jelas Franoto dalam keterangan tertulisnya, Kamis dini hari.

Franoto menambahkan ada empat perjalanan KA yang akhirnya dialihkan melintasi jalur selatan. Keempat perjalanan KA Itu yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Semarang-Surabaya, KA Pendalungan relasi Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta, dan KA Brawijaya relasi Malang-Solo-Semarang-Jakarta dan KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Semarang-Jakarta.

“Dengan berubahnya pola operasi perjalanan kereta api ini, KAI mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terimbas perjalanan KA nya,” ungkap Franoto.

Bagi para pelanggan yang terimbas perjalanan kereta api yang akan dinaikinya, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA akibat banjir yang saat ini sedang terjadi. “Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan, bagi pelanggan yang terdampak,” ujarnya.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi customer service di stasiun, contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI 121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” tutup Franoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya