SOLOPOS.COM - Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Herry Nunggal Supriyadi, saat berbicara di depan awak media pada acara Gathering Media Partner Bank Jateng di Semarang, Kamis (26/10/2023). (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANGBank Jateng telah menyalurkan dana sebesar Rp321,31 miliar atau tepatnya Rp321.310.048.775 untuk program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) sejak tahun 2006.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Herry Nunggal Supriyadi, mengatakan program TJSL atau CSR telah diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Pada Pasal 1 nomor 3 dijelaskan TJSL merupakan komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya,” ujar Herry saat menggelar acara Media Gathering di Semarang, Kamis (26/10/2023).

Herry menyebutkan ada empat pilar pergerakan program TJSL atau CSR Bank Jateng. Keempat pilar itu yakni berasal dari dana sosial yang meliputi kemitraan maupun non-kemitraan, penyaluran bantuan dalam rangka pemulihan ekonomi daerah pasca-pandemi, program mitra jangka panjang, dan penyaluran bantuan program percepatan penanganan kemiskinan (PPPK).

Sementara itu, sasaran penyaluran TJSL atau CSR Bank Jateng meliputi masyarakat miskin di Jateng, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), maupun masyarakat rentan miskin yang mendapat rekomendasi dari gubernur maupun bupati/wali kota di Jateng.

“Dengan pola kemitraan dan non-kemitraan dalam pengentasan kemiskinan, Bank Jateng selalu berkolaborasi dengan stakeholder agar penyaluran bantuan berjalan efektif, efisien, dan tepat sasaran. Sehingga, semua dapat merasakan nilai manfaat [dari TJSL Bank Jateng] secara bersama-sama,” tuturnya.

Progam TJSL atau CSR Bank Jateng juga tidak hanya terfokus pada penanganan pengentasan kemiskinan. Program CSR itu juga mencakup beberapa aspek seperti penanganan stunting dan penanganan rumah tidak layak huni (RTLH).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya