SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, CILACAP-Kabupaten Cilacap menjadi daerah penerima terbesar alokasi bantuan keuangan untuk pembangunan sarana dan prasarana yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 2015.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Dari alokasi APBD Jateng 2015 sebesar Rp730,93 miliar, Kabupaten Cilacap mendapat bantuan keuangan Rp39,4 miliar, sedangkan Kota Magelang terkecil menerima bantuan keuangan dengan Rp10 miliar,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seperti dikutip Antara, Senin (17/11/2014).

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai menggelar rapat koordinasi dengan kepala daerah di 35 kabupaten/kota se-Jateng terkait dengan rencana pemberian bantuan keuangan.

Ia menjelaskan bahwa pemberian bantuan keuangan yang berasal dari APBD Jateng 2015 untuk 35 kabupaten/kota itu berdasarkan asas keadilan, asas proporsional, dan asas transparansi.

Menurut Ganjar, masing-masing kabupaten/kota yang menerima bantuan keuangan itu memiliki karakteristik yang berbeda, baik luasan wilayah, jumlah penduduk, kondisi ekonomi, dan kebutuhan pembangunan.

“Cilacap mendapat bantuan keuangan terbesar karena memiliki wilayah terluas di Jateng sehingga cukup logis jika mendapat bantuan keuangan terbesar,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Selain itu, kata dia, angka kemiskinan, jumlah pengangguran serta kebutuhan pembangunan infrastruktur yang tinggi di Kabupaten Cilacap juga menjadi pertimbangan dalam memberikan bantuan keuangan.

Setelah Kabupaten Cilacap, penerima alokasi bantuan keuangan selanjutnya adalah Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Purworejo.

Dalam rakor tersebut, Ganjar meminta seluruh bupati dan wali kota se-Jateng untuk menyusun daftar usulan program berbasis musyawarah perencanaan pembangunan yang diprioritaskan terkait dengan alokasi bantuan keuangan.

Sebelum ditetapkan, Ganjar akan kembali mengundang bupati dan wali kota untuk mengecek daftar usulan program yang telah disusun agar dapat berjalan dengan yang telah direncanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya