SOLOPOS.COM - Batik Tegal motif sekar jagad. (Istimewa/disperintransnaker.tegalkab.go.id)

Solopos.com, TEGAL Tegal merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah pantura dan memiliki sebutan Kota Bahari. Selain dikenal dengan ragam wisatanya yang bervariasi, Tegal juga memiliki karya seni batik tulis yang juga menjadi primadona daerah ini.

Masyarakat luas mengenalnya Batik Tegalan dengan ratusan motif yang dengan karakter yang khas. Salah satu yang menjadi unggulannya adalah motif sekar jagad.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Melansir dari setda.tegalkab.go.id, Batik Tegalan tergolong dalam jenis batik pesisir karena ragam hiasnya yang natural dan mudah dikenali karena motif gambarnya yang besar atau melebar. Motif batik Tegalan banyak mengadopsi dari bentukan aneka flora dan fauna.

Ciri utama batik tersebut terdapat pada warnanya yang cenderung gelap atau biasanya lebih didominasi dengan warna cokelat dan biru. Sedangkan warna lain yang digunakan lebih ke bebas atau warna-warni.

Nama motif batik tulis sekar jagad sendiri berasal dari gabungan dua bahasa yaitu kaart dalam bahasa Belanda yang memiliki arti peta dan jagad dalam bahasa Indonesia berarti dunia. Sehingga makna motif sekar jagad melambangkan adanya keanekaragaman dunia.

Namun, ada juga sumber lain yang menyatakan bahwa kar berarti sekar atau bunga dan jagad artinya keseluruhan. Dengan demikian arti sekar jagad adalah gambaran berbagai bunga yang digambar seluruhnya.

Digambar dengan mengelompokan bunga kedalam jala-jala. Sekar jagad ini melambangkan keagungan dan kedigdayaan. Dalam artian luas, sekar jagad bermakna keragaman yang indah, seperti halnya keragaman yang dimiliki Indonesia dan seluruh aspek kehidupan.

Sesuai namanya, motif batik sekar jagad lebih banyak menggambarkan keanekaragaman bunga-tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar. Motif flora tersebut digambarkan di sebuah ruang yang bermakna sebagai peta. Bisa dilihat pada garis-garis lengkung yang menyerupai bentuk pulau/garis-garis pembatas yang melekat satu sama lain.

Di samping keindahannya yang dilihat secara kasatmata, motif batik sekar jagad juga mempunyai makna spiritual yang berhubungan dengan pemahaman kepercayaan dan falsafah hidup. Hubungan yang dimaksudkan adalah hubungan ciptaan dengan Tuhan yang diekspresikan melalui karya batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya