SOLOPOS.COM - Windu Sajan Magelang. (Twitter Merapi Uncover)

Solopos.com, SOLO-Hingga Sabtu (11/3/2023) pukul 14.00 WIB, ada sebanyak 11 kecamatan di Kabupaten Magelang terdampak hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi, sejumlah wilayah melaporkan gelap seperti suasana malam hari. Sebagaimana diketahui Gunung Merapi mengalami erupsi pada Sabtu (11/3/2023) siang.

“Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya [jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak],” demikian bunyi laporan dari SIKK BPBD Kabupaten Magelang seperti dikutip Solopos.com pada Sabtu (11/3/2023).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Hujan abu Merapi menuju Magelang, berikut ini sejumlah kecamatan dan desa yang terdampak yaitu Sawangan (Desa Ketep dan Desa Wonolelo),  Dukun (Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan, Mangunsuko, Krinjing, Candimulyo, Surojoyo,  Giyanti, dan Bateh), Pakis (Pakis, Bawang, Kajangkoso, Desa Pogalan), Tegalrejo (Desa Kebonagung,  Desa Mangunrejo, Desa Sukorejo, Desa Purwosari, Desa Donorojo, Desa Ngadirejo, Desa Klopo, Desa Japan, Desa Tegalrejo, Desa Banyuurip), Kecamatan Tempuran (Desa Prejegsari, Desa Pringombo, Desa Growong, Desa Kemutuk), Kecamatan Bandongan (Desa Trasan, Desa Banyuwangi, Desa Salamkanci, Desa Bandongan, Desa Kebonagung, Desa Kalegen), Kecamatan Windusari (Desa Windusari), Kecamatan Kaliangkrik (Desa Beseran dan Desa Balekerto), Kecamatan Ngablak (Desa Ngablak) , dan Kecamatan Mertoyudan (Desa Mantenan).

suasana magelang hujan abu merapi
Suasana daerah Paten, Dukun, Magelang. (Twitter Merapi Uncover)

Diguyur hujan abu, sejumlah warga Magelang melaporkan suasana wilayah mereka berubah gelap gulita seperti malam hari. Hal tersebut seperti terlihat di Twitter.

“Breaking News! Hujan abu Merapi Daerah Paten, Dukun Magelang sampai gelap kayak malam,”  cuit Merapi Uncover dikutip dari Twitter pada Sabtu (11/3/2023).

Hal yang sama juga dilaporkan pemikin akun @Alika_188. “Merapi siang ini. Semoga semua baik-baik saja,” cuitnya menyertai unggahan video suasana Magelang yang gelap.

“Jombong, Babadan, Magelang,” cuit @Likin45697599 sembari menyertakan video kondisi wilayah tersebut.

“Ngerii semoga tidak ada korban jiwa,” cuit akun @chr_zxc melihat suasana Kabupaten Magelang berubah gelap gulita lantaran diguyur hujan abu Merapi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya