SOLOPOS.COM - Pohon tumbang di Kota Semarang sempat mengganggu akses jalan, Jumat (23/12/2022). (Solopos.com-Dok BPBD Kota Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mencatat ada 19 pohon tumbang akibat hujan dan angin kencang yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (23/12/2022). Dari belasan pohon tumbang itu, dua diantaranya mengenai atap warga.

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Semarang, Adhy Yulianto, mengatakan ada 19 laporan pohon tumbang yang telah pihaknya terima. Kini, personel BPBD Kota Semarang telah diterjunkan ke lapangan untuk membantu penanganan.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Kami dari BPBD sekadar membantu, karena tugas pokoknya ada di Disperkim [Dinas Permukiman]. Jadi untuk pohon kapasitas besar akan ditangani mereka. Kita membantu Disperkim dan mengurus pohon-pohon kecil,” kata Adhy kepada Solopos.com, Jumat.

Terkait personel yang diterjunkan, Adhy mengungkapkan ada tujuh personel. Jumlah itu, belum termasuk gabungan dari sektor terkait lainya.

“Piket hari ini ada tujuh personel membantu penanganan. Kita bagi dua. Karena ini ada yang kena rumah juga, kita bantu membersihkan juga. Terus untuk pohon-pohon kecil juga langsung kita tindak lanjuti,” bebernya.

Baca juga: Angin Kencang Melanda, Belasan Pohon di Semarang Tumbang dalam Sehari

Lebih lanjut, dari 19 pohon yang tumbang di Semarang, dua di antaranya disebut mengenai rumah warga. Sedangkan tujuh merupakan pohon besar dan berdampak pada akses jalan.

“Ada dua [menimpa rumah]. Satu di arah atas, satu di Kemijen. Terus ada pohon kecil dan pohon gede. Jalan Kesatrian gede itu. Kemudian yang menutup akses jalan juga banyak itu, ada sekitar lima sampai tujuh,” imbuhnya.

Kendati ada belasan pohon roboh hingga menganggu akses jalan dan mengenai rumah, Adhy menegaskan tak ada korban jiwa dalam peristiwa alam ini. Namun, ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mengurangi mobilitas di luar rumah karena masih ada informasi seputar cuaca ekstrem.

Baca juga: Ketika 5 Blandong Asal Bayat Berani Pangkas Pohon 3 Abad di Segaran Klaten

“Korban jiwa belum ada. Kemudian untuk masyarakat, mobilitas keluar rumahnya diperkecil, karena ini masih ada angin kencang. Informasi BMKG dan BPBD Jateng masih ada angin besar dan angin laut,” pintanya.

Berikut, daftar pohon tumbang yang tercatat di BPBD Kota Semarang hingga pukul 16.34 atau sore ini :

1. Jl. Basudewo (Ubaloka n Disperkim)
2. Jl. Imam Bonjol
3. Taman Atmodirono
4. Jl. Merapi
5. MAJT
6. Gereja mijen menutup kedua arah
7. Jl. Kesatrian jtngh (2 titik)
8. Nasmoco Gombel
9. Belakang Balaikota
10. Jl. Madukoro disperkim n damkar
11. Jl Pol Aton Sujarwo
12. Sambiroto
13. Jl Merbau no 8
14. Jl Supriyadi BPBD Kota Semarang
15. BTN TLOGOSARI Disperkim
16. Depan smu kartini jl sultan agung
17. pohon tumbang seputaran muntal gunung pati
18. Mangga lamper kidul (Menimpa Rumah)
19. Terjadi pohon tumbang di jalan Mlaten Trenggulun No. 27 kel. Mlatibaru. ( Menimpa Rumah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya