SOLOPOS.COM - Ilustrasi Keracunan (eveningpediatrics.com)

Solopos.com, BREBES — Belasan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Assalafiyah, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), dilarikan ke RSUD Brebes, Jumat (24/12/2021) dini hari WIB. Mereka dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami gejala mual, muntah, dan diare.

Belasan santriwati ini harus menjalani perawatan medis karena diduga mengalami keracunan setelah memakan udang. Total ada 11 santriwati Ponpes Assalafiyah, Kabupaten Brebes, yang mengalami gejala keracunan tersebut.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

??”Pasien dari Ponpes Assalafiyah semua total 11 orang. Datang sekitar pukul 02.00 WIB, dengan keluhan rata-rata mual, muntah, sama diare,?” kata Kepala Seksi Keperawatan RSUD Brebes, Sutrisno, dilansir dari Suara.com, Jumat (24/12/2021).

Baca juga: Korban Susur Sungai Ciamis asal Brebes Baru Masuk Ponpes 3 Bulan

Menurut Sutrisno, para santriwati yang keracunan tersebut langsung dilakukan penanganan oleh dokter. Pada Jumat pagi, kondisi mereka kemudian berangsur membaik dan mayoritas sudah diperbolehkan pulang.

?”Alhamdulillah tidak ada yang serius. Artinya ini kasus keracunan biasa. Kondisinya sudah baik semua, tapi ada tiga orang yang masuk ruang perawatan karena masih ada diare. Yang delapan sudah bisa pulang dan rawat jalan,” jelasnya.

?Seorang santri pendamping mengungkapkan total ada sekitar 30 santri dan santriwati yang mengalami keracunan dan dibawa ke rumah sakit. Dari 30 santri dan santriwati itu, 11 santriwati di antaranya dilarikan ke RSUD Brebes. Sementara sisanya mendapatkan perawatan di RS Bhakti Asih dan RS Dedy Jaya.

Menurut dia, gejala keracunan dialami setelah para santri bersama-sama memakan masakan udang pada Kamis (23/12/2021) siang. “?Awalnya dapat udang dari orang, terus dimakan siang. Malamnya mulai kerasa. Ada yang mules, muntah dan diare,” ucapnya.

Baca juga: Kasus Pemerkosaan Santriwati Bandung Bikin Miris, Ini Pesan Gus Yusuf

Mayoritas santri disebutnya ?sudah mulai membaik dan diizinkan dokter pulang kembali ke ponpes yang berlokasi di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba. “Di sini [RSUD Brebes] yang masih harus dirawat cuma tiga orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya