SOLOPOS.COM - Anggota BPBD Kabupaten Cilacap saat memantau gelombang air laut di Pantai Widarapayung, Selasa (26/7/2022). (Humas BNPB)

Solopos.com, CILACAPCilacap yang berada di Jateng bagian selatan memiliki sederet pantai yang menakjubkan. Pantai di Cilacap menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan saat menikmati waktu liburan maupun sekadar melepas rasa lelah.

Salah satu pantai di antaranya bahkan masih tampak asri karena belum diketahui banyak orang dan sedikit orang yang berkunjung. Pantai tersebut terletak di salah satu pulau terkenal di Cilacap, yaitu Pulau Nusakambangan.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Berikut ini beberapa rekomendasi dari solopos.com wisata pantai di Cilacap yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke Cilacap.

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai ini cocok dikunjungi bagi Anda pemburu sunrise dan sunset. Panorama yang menakjubkannya bisa dinikmati saat matahari terbit pagi hari dan terbenam di sore hari.

Melansir dari laman wisata.cilacapkab.go.id, Pantai Teluk Penyu mempunyai daya tarik wisata Benteng Pendem dan Kilang pengolahan minyak milik PT. Pertamina. Tak heran jika di sana, pengunjung akan menemui panorama kapal tanker pengangkut minyak beroperasi.

Pantai ini berpasir dan banyak ditumbuhi pepohonan sehingga memberikan rasa keteduhan bagi para pengunjung.

Ombaknya pun relatif kecil sehingga masih cukup aman untuk bermain air di sekitar pantai. Pantai ini biasanya digunakan untuk beraktivitas akhir pekan bagi wisatawan maupun warga setempat seperti jogging, bersepeda, atau senam.

Pantai Teluk Penyu terletak di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kota Cilacap. Jaraknya bisa dibilang sangat dekat dengan Pusat Kota Cilacap, kurang lebih 2 km.

2. Pantai Jetis

Berbeda dengan Pantai Teluk Penyu, Pantai Jetis dikenal dengan ombaknya yang cukup besar. Jadi, disarankan pengunjung lebih berhati-hati saat bermain di tepi pantai.

Meskipun begitu, daya tarik pantai ini juga cukup menarik perhatian. Daya tarik wisata ini menawarkan keindahan panorama ombak laut selatan dan pemandangan alam pegunungan serta keindahan alur Sungai Bodo.

Selain itu, di sini Anda akan menemukan banyak pohon cemara laut yang ditanam sebagai penghijauan di wilayah ini. Oleh karena itu, Pantai Jetis disebut juga sebagai Pantai Cemara Sewu. Pantai ini terletak kurang lebih 40 km ke arah timur dari kota Cilacap.

3. Pantai Kali Kencana

Pantai ini bisa dibilang salah satu hidden gemnya Pulau Nusakambangan. Letak berada di bagian selatan pulau.

Pantai Kali Kencana ini berlokasi di Pulau Nusakambangan, Kec. Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute dan medan menuju lokasi pantai ini masih cukup sulit yang mungkin menjadi alasan mengapa pantai ini masih sedikit dijamah pengunjung.

Namun, perjalanan panjang yang Anda tempuh akan terbayarkan ketika sampai di sini. Anda akan disuguhi pemandangan indah dan eksotis, yaitu perpaduan pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih serta barisan pepohonan hijau yang mengelilingi pantai.

4. Pantai Permisan

Pantai Permisan ini juga merupakan salah satu wisata pantai tersembunyi yang ada di selatan Pulau Nusakambangan.

Lantaran belum dikenal banyak orang, pantai ini masih begitu terjaga keaslian dan kealamiannya. Warna air lautnya yang biru dan sangat jernih serta pasir putih yang terhampar luas membuatnya semakin cantik untuk diabadikan.

Cocok bagi Anda yang ingin menikmati waktu santai dan melepas stres dengan suasana pantai yang tenang.

Pantai ini letaknya cukup strategis, yaitu berdekatan dengan Pelabuhan Sodong. Sehingga akses untuk sampai di Pantai Permisan juga cukup mudah dilalui.

5. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung merupakan objek wisata pantai dengan luas sekitar 500 hektar yang terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun atau 35 km arah Timur dari kota Cilacap.

Daya tarik dari Pantai Widarapayung yang bisa Anda nikmati yaitu barisan pepohonan kelapa dan cemara yang menyejukkan serta hamparan pasir hitamnya yang bersih dan berkilau.

Selain menikmati pemandangan di Pantai Widarapayung, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan menarik, di antaranya menunggang kuda, bermain pasir, berfoto dengan pemandangan laut yang indah, dan berburu kepiting.

Mengutip dari laman Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, fasilitas yang disediakan di Pantai Widarapayung cukup lengkap. Hal itu misalnya jalan yang beraspal, shelter (tempat berteduh), gardu pandang, kolam renang, tempat parkir, warung makan, dan kesenian daerah.

Di Pantai Widarapayung yang indah ini juga telah disiapkan tenaga keamanan penjaga pantai (search and rescue) demi terciptanya suasana aman bagi pengunjung.



Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Cilacap yang bisa menjadi referensi Anda sebelum berwisata ke Cilacap. Suasana pantai yang tenang akan sangat cocok untuk melepas penat dari aktivitas keseharian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya