SOLOPOS.COM - Ilustrasi air dari keran. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi salah satu layanan milik pemerintah yang dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih, termasuk yang ada di Kota Semarang. Lantas, berapakah tarif untuk mendapatkan layanan kebutuhan air bersih dari PDAM Tirta Moedal Kita Semarang?

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com, tarif PDAM Tirta Moedal Kota Semarang tidak mengalami kenaikan sejak beberapa tahun terakhir. Kenaikan tarif kali terakhir terjadi pada Agustus 2019 lalu.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kenaikan tarif PDAM Tirta Moedal Kota Semarang itu seiring dengan ditetapkannya Peraturan Wali Kota (Perwal) Semarang Nomor 31 Tahun 2019. Dalam peraturan itu disebutkan pembayaran tagihan air dilaksanakan setiap tanggal 1 hingga 20.

Jika terlambat membayar, atau melebihi batas waktu yang telah ditetapkan, pelanggan pun akan dikenai denda. Denda itu bervariasi, mulai dari 10 persen hingga 15 persen tergantung lamanya keterlambatan pembayaran tagihan.

Selain itu, pelanggan jika dikenakan biaya administrasi sebesar Rp7.000. Sedangkan untuk biaya pemeliharaan meteran listrik, pelanggan juga akan dikenai tarif yang berbeda-beda tergantung besar diameter pipa air yang dimiliki.

Baca juga: PDAM Semarang Naikkan Tarif Agustus Ini

Untuk pipa dengan diameter 1/2 inci, tarif pemeliharaan meteran air yang diterapkan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang adalah Rp9.500. Sedangkan untuk pipa dengan diameter 3/4 inci Rp15.000, diameter 1-1,5 inci Rp40.000, dan diameter di atas 2 inci Rp140.000.

Dilansir dari laman Internet PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, tarif air minum dibagi dalam beberapa golongan mulai dari sosial khusus, sosial umum, rumah tangga 1-4, hingga kelompok industri III.

Tarifnya untuk tiap golongan pun berbeda-beda mulai dari yang termurah yakni Rp900 per 1-10 meter kubik yang diperuntukkan bagi golongan sosial khusus, hingga termahal Rp20.000 untuk kebutuhan di atas 31 meter kubik bagi golongan industri III.

Baca juga: Indonesia Water Fund akan Garap 31 Proyek Air Bersih, Paling Banyak di Jawa

Berikut daftar tarif air minum di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang :

Tarif PDAM Kota Semarang
Tarif PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. (pdamkotasemarang.co.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya