SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Kanalsemarang.com, BANJARNEGARA — Sore itu merupakan hari yang tidak bisa dilupakan oleh Giman, warga RT 5/1 Dusun Jemblung, Desa Sampang, kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah. Giman yang sedang mencuci mobil di halaman rumahnya, melihat langsung runtuhnya tebing di bukit yang berada di sekitar permukiman warga.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Saya sedang nyuci mobil, tiba-tiba tebing langsung longsor,” kata Giman di lokasi, Sabtu (13/12/2014).

Lokasi rumah Giman memang berada di dataran yang agak tinggi dari lokasi longsor, sehingga ketika longsoran dari tebing tersebut runtuh, dirinya dapat melihat jelas dahsyatnya reruntuhan tanah tersebut menyapu permukiman yang berada di bawahnya.

“Kejadiannya cepat, tidak sampai lima menit, pertama saya lihat bukit runtuh dikit-dikit, tapi tiba-tiba semuanya langsung runtuh,” jelasnya.

Setelah kejadian itu, suasana sekitar dusun langsung sepi. Suara meminta tolong terus terdengar sedangkan hujan tiba-tiba turun usai longsor terjadi. sementara akibat longsoran tersebut, akses listrik langsung terputus sehingga suasa sekitar dusun gelap gulita.

Mendengar teriakan minta tolong, Giman lalu bergegas mencari bantuan. Dia juga sempat membantu beberapa orang yang masih bisa dievakuasi dari jarak dekat.

Hingga pukul 10.00 WIB, ada orang yang ditemukan tewas tertimbun. Ratusan orang lain diduga masih berada di bawah tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya