SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang tunai rupiah (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Bencana banjir yang melanda Jateng membuat BPBD setempat mengucurkan Rp8,7 miliar dana siap pakai kebencanaan ke 3 daerah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bencana alam banjir yang melanda Jawa Tengah dalam beberapa hari belakangan ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng menyalurkan dana siap pakai kebencanaan dari pemerintah pusat ke tiga daerah. Namun, baru 50% dana tersebut yang telah ditransfer.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Pencairan dana siap pakai senilai Rp8,7 miliar telah ditransfer 50% dan kini Kabupaten Kudus, Pati dan Tegal telah mendapat bantuan dana bervariasi sesuai kebutuhannya, ada yang Rp50 juta hingga Rp150 juta,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana di Semarang, Selasa (14/2/2017).

Selain menyalurkan dana siap pakai kebencanaan, BPBD Jateng juga telah mengirimkan bantuan logistik dan mendirikan posko-posko darurat ke daerah-daerah terdampak banjir. Ia menyebutkan dari 35 kabupaten/kota di Jateng, banjir cukup parah menggenangi pemukiman dan areal persawahan di Kabupaten Pati, Kudus serta Tegal sejak beberapa hari lalu.

“Kami bersama petugas BPBD kabupaten setempat sudah mengevakuasi para korban banjir ke tempat pengungsian yang aman,” ujarnya.

Di Kabupaten Pati ada empat titik pengungsian, di Kudus ada tiga tempat pengungsian dan ada tempat pengungsian mandiri yang dibangun warga. “Untuk jumlah korban secara keseluruhannya masih dalam pendataan,” ujarnya.

Sarwa memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi hingga pertengahan Februari 2017 sehingga warga Jateng diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi bencana alam. “Hampir semua wilayah di Jateng terkena imbasnya, kami minta semua warga waspada akan perubahan cuaca ekstrem di bulan ini,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya