SOLOPOS.COM - Personel Komunitas Relawan Independens, Jumat (3/12/2016), membantu memperbaiki rumah warga yang terdampak puting beliung di kawasan Blotongan dan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Personel Komunitas Relawan Independens)

Bencana alam Salatiga yang dipicu angin Langkisau ditanggapi kerja bakti Komunitas Relawan Indepedens.

Semarangpos.com, SALATIGA – Bencana alam angin kencang yang melanda kawasan Blotongan dan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (8/12/2016), membuat sejumlah komunitas turut membantu memperbaiki rumah warga yang terdampak. Salah satunya adalah Komunitas Relawan Independens.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Puluhan rumah pada dua dusun di Kota Salatiga dikabarkan rusak parah menyusul angin langkisau yang terjadi saat hujan deras melanda kawasan tersebut, Kamis siang. Kepala Sub Bagian Humas AKP I Nyoman Suasma mengatakan hujan deras disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Angin langkisau merusak gedung dan rumah yang berada di Dusun Soka dan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. “Sangat kencang, banyak bangunan rusak, genting-genting berterbangan,” katanya.

Meskipun baliho dan pohon roboh akibat angin kencang itu, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Warga dibantu kepolisian membersihkan kerusakan rumah dan bangunan yang terjadi. Tak terkecuali Komunitas Relawan Independens yang terjun langsung ke lokasi bencana, Jumat (9/12/2016) pagi.

Personel Komunitas Relawan Independens, Jumat (3/12/2016), membantu memperbaiki rumah warga yang terdampak puting beliung di kawasan Blotongan dan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Personel Komunitas Relawan Independens)

Personel Komunitas Relawan Independens, Jumat (3/12/2016), membantu memperbaiki rumah warga yang terdampak puting beliung di kawasan Blotongan dan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Personel Komunitas Relawan Independens)

Kegiatan mereka pun didokumentasikan dan diunggah ke media sosial Facebook. “Semangat semangat pejuang kemanusiaan, Bangkitlah negeriku dari bencana yang menerpa. Mari jadi masyarakat yang tanggap bencana,” tulis pengelola akun Facebook Komunitas Relawan Indeppendens dalam keterangan foto yang diunggah.

Berdasarkan beberapa foto yang diunggah tersebut, terlihat para antggota komunitas itu sedang memperbaiki rumah warga yang rusak setelah diamuk puting beliung. Selain itu, mereka juga menebang beberapa pohon yang roboh dan menimpa badan jalan serta rumah warga.

Kegiatan dari komunitas itu pun menuai pujian dan dukungan dari publik pengguna Internet atau netizen. “Joss joss joss…. mantep jane,” puji pengguna akun Pipit Hananto dalam kolom komentar. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya