SOLOPOS.COM - Alit Kuswanto, pemilik bengkel motor keliling saat memperbaiki motor pelanggan yang rusak di Salatiga, Kamis (23/2/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Merasakan bingungnya mencari bengkel saat motor mengalami mogok di tengah perjalanan menjadi hal yang sangat dihindari banyak pengendara.

Namun jika mengalami mogok di Kota Salatiga, warga bisa sedikit lega. Pasalnya, di Kota ini ada bengkel keliling yang siap dihubungi ketika ada pengendara motor mengalami kerusakan di jalan.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Alit Kuswanto, 36, warga Kalioso Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga adalah orang yang membuka jasa bengkel keliling ini sejak lima tahun terakhir.

Selain menjadi bengkel keliling, Alit juga memiliki bengkel tetap yang berada Kalioso, Kecamatan Kutowinangun Kidul.

“Saya buka bengkel keliling ini sudah lima tahun, sejak 2017,” kata Alit, Kamis (23/2/2023).

Alit mengaku saat ini sudah memiliki ratusan pelanggan yang selalu memanggil jasa bengkel keliling miliknya. Banyak orang yang menghubungi saat kendaraan mereka rusak.

Pelayanan yang diberikan Alit hanya mencakup Salatiga dan sekitarnya. Sehingga tidak terlalu jauh saat perjalanan menuju lokasi servis.

Guna membawa peralatan bengkel, Alit menyulap motor miliknya agar multifungsi membawa kunci-kunci dan peralatan bengkel serta tambal ban.

Dalam sehari, bengkel keliling milik Alit ini biasa melayani minimal lima orang dan mengerjakan servis ringan serta tambal ban. Tarif yang Alit berikan untuk bengkel keliling ini berkisar Rp 40.000 untuk servis ringan dan tambal ban sekitar Rp30.000.

“Untuk tambal ban tubeless Rp30.000 dan tambal ban biasa Rp10.000. Kalau servis, saya ada ongkirnya berkisar Rp10.000,” ungkapnya.

Alit menyebut layanan servis jembut bola hanya ia lakukan pada waktu pagi sampai sore hari. Hal itu dilakukan karena menyesuaikan toko onderdil yang buka sampai sore hari.

“Saya sendiri mulai buka dari pagi sampai malam. Kkalau servis hanya sampai sore karena saya sesuaikan dengan waktu toko onderdil yang buka,” ungkapnya.

Dikatakan, pelanggannya biasanya langsung menghubungi lewat WhatsApp (WA). Bagi pelanggan baru biasanya cari lewat google.

“Untuk bengkel panggilan saya biasanya lewat WA di nomor 085878308027,” katanya.

Sementara itu, driver ojek online Salatiga, Muldani, mengaku jasa bengkel keliling yang digeluti Alit ini sangat membantu dirinya dan teman seprofesinya. Terlebih, ketika mengalami kerusakan di tengah perjalanan.

“Sangat terbantu, apalagi kan tidak usah pergi ke bengkel dan cukup di telepon,” kata Muldani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya