SOLOPOS.COM - Bangunan Benteng Van Der Wijck di Kebumen. (http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/benteng-van-der-wijk-gombong/)

Solopos.com, KEBUMEN — Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah (Jateng) rupanya tidak hanya memiliki daya tarik wisata berupa pantai. Kebumen juga memiliki sebuah objek wisata sejarah berupa bangunan kuno, yakni Benteng Van Der Wijck.

Benteng Van Der Wijck terletak di Sidayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Dikutip dari bob.kemenparekraf.go.id, Benteng Van Der Wijck diperkirakan dibangun pada tahun 1827 oleh arsitek Islam.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Bangunan berbentuk segi delapan ini, mirip seperti Masjidil Haram. Benteng Van Der Wijck juga pernah menjadi tempat lokasi syuting film “The Raid 2”, yang dibintangi aktor laga Iko Uwais. Benteng dengan dua lantai ini memiliki jumlah kamar lebih dari 32 kamar. Pemberian nama Van Der Wijck ini diambil dari nama salah satu Gubernur Jenderal Hindia Belanda Carel Herman Aart Van der Wijck yang bertugas di Jawa tahun 1893-1899.

Dikutip dari kebumenkab.go.id, benteng ini usianya diperkirakan sudah mencapai ratusan tahun karena dibangun pada masa perang Pangeran Diponegoro (1825-1830). Perkiraan ini dikaitkan dengan adanya petilasan Kyai Giyombong dan Kyai Gajahguling di Gombong, yang merupakan tokoh pendukung Pangeran Diponegoro di daerah Bagelen (Kedu Selatan).

Beragam wisata yang tersedia di Benteng Van Der Wijck, salah satunya ada kereta api. Kereta api atas merupakan salah satu ragam wisata yang sangat menarik. Dengan menggunakan kerera ini, pengunjung akan merasakan sensasi naik kereta api di ketinggian dengan menyusuri bagian atas dari Benteng Van Der Wijck. Luasnya Benteng Van Der Wijck dari ketinggian dan tentunya bagian atap dari bangunan benteng itu sendiri yang sangat unik dapat dinikmati menggunakan kereta ini.

Belum puas menikmati Benteng Van Der Wijck, pengunjung dapat juga berenang di tempat ini. Tempatnya dilengkapi juga dengan area kolam renangnya. Terdiri dari dua kolam renang yakni kolam renang anak dan dewasa. Kolam renang anaknya sudah dilengkapi dengan wahana seluncuran. Tempat ini juga dilengkapi dengan hotel wisata yang bisa disewa. Harganya juga sangat terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya