SOLOPOS.COM - Kondisi terminal Tipe A Bawen, Kabupaten Semarang yang masih belum ada kepadatan pemudik, Selasa (18/4/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Peningkatan pemudik di Terminal Tipe A Bawen diperkirakan akan terjadi pada Rabu (19/4/2023) dan Kamis (20/4/2023) mendatang. Saat ini, peningkatan lalu-lalang pemudik di terminal setempat baru sekitar 9%.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lapangan, masih belum ada kepadatan pemudik di Terminal Tipe A Bawen, Selasa (18/4/2023). Hanya ada beberapa bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang lalu-lalang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Terminal A Bawen, Imron, mengatakan Terminal Bawen merupakan terminal lintas bukan terminal tujuan. Sehingga saat ini masih belum dipadati para pemudik.

Ia memperkirakan kepadatan pemudik akan terlihat pada Rabu-Kamis mendatang. Hal itu menurutnya karena anak-anak sekolah masih ada yang belum libur hingga sekarang.

“Perkiraan, Rabu dan Kamis mendatang sudah mulai banyak pemudik yang datang. Serta biasanya di arus balik juga,” ungkap Imron kepada Solopos.com, Selasa.

Imron membeberkan Terminal Bawen biasanya akan sibuk saat arus mudik dan libur Lebaran. Sebab banyak pengunjung dari luar kota menggunakan moda transportasi bus untuk liburan.

Guna mengantisipasi ledakan pemudik yang akan terjadi, pihaknya juga sudah menyiapkan angkutan-angkutan, seperti angkutan wisata ataupun angkutan online. Hal tersebut dipersiapkan agar tidak terjadi penumpukkan para pemudik yang ada di area terminal.

“Kalau penambahan armada, kami belum ada,” lanjutnya.

Imron mengatakan tak adanya penyekatan pemudik seperti saat pandemi Covid-19 mengakibatkan akan mempengaruhi peningkatan pemudik hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Imron menambahkan pihaknya juga sudah menyiapkan posko angkutan yang bisa dipergunakan para pemudik untuk memudahkan mendapatkan angkutan. Di sisi lain, posko kesehatan dipusatkan di pertigaan Simpang Bawen atau depan terminal.

“Alhamdulillah tahun ini ada Program Mudik Gratis dari pemerintah. Kemungkinan akan lebih membeludak,” ucapnya.

Meski bakal membeludak, Imron mengaku belum bisa memperkirakan berapa jumlah ledakan yang nantinya akan terjadi. Pasalnya, Terminal Bawen berbeda dengan terminal-terminal tujuan yang lainnya yang pastinya akan mengalami ledakan pemudik.

“Nanti perkiraan saya, ledakan pemudik terjadi pada saat setelah lebaran karena banyak yang berwisata,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya