SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembayaran digital. (Freepik)

Solopos.com, PEKALONGANBank Indonesia (BI) Tegal menyosialisasikan pentingnya pemanfaatan digitalisasi sebagai sarana untuk memasarkan produk ke pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, khususnya semenjak pandemi Covid-19 telah mendorong perilaku masyarakat berbelanja secara daring (online). Sehingga platform perdagangan elektronik menjadi laris sebagai pilihan untuk bertransaksi.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Bank Indonesia pun terus mengedukasi pelaku UMKM beradaptasi menggunakan pengembangan alat pembayaran quick response code Indonesian standard (QRIS) agar mereka naik kelas.

“Dengan terkoneksinya pelaku UMKM dalam menggunakan pembayaran QRIS maka akan langsung terkoneksi ke bank. Dengan membayar transaksi dengan QRIS, bisa menerima pembayaran uang nontunai, baik dari dompet digital, m-banking. Bahkan saat ini sumber dananya bisa membayar menggunakan kartu kredit dari mana saja,” kata Manajer Operasional Kantor Perwakilan BI Tegal, Enggar Estiko Handoko, seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/4/2023).

Transaksi digital di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan dan Indonesia pada umumnya sudah sangat meningkat secara signifikan pada Januari 2023, yaitu sebanyak 20 persen.

Melalui edukasi yang dilakukan BI, diharapkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah semakin sadar bahwa digitalisasi sudah menjadi sebuah keniscayaan. UMKM harus go digital agar bisa terus berkembang usahanya bahkan melakukan ekspor.

“Jadi, para pelaku UMKM mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman serta ilmu dan teknologi untuk mengikuti arus digitalisasi tersebut. Jika pelaku UMKM tidak mau mengubah ke digital maka mereka akan tertinggal dan tergerus zaman,” kata Enggar Estiko Handoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya