SOLOPOS.COM - Analis Pengembangan Bisnis Ritel Bank Jateng, Wahyu Toto Waskito, saat melayani pertanyaan wartawan di Restoran Aroem, Kota Semarang, Selasa (23/8/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Bank Jateng terus menggenjot kinerja demi peningkatan capaian di sekor Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Analis Pengembangan Bisnis Ritel Bank Jateng, Wahyu Toto Waskito, menyampaikan target alokasi KUR tahun ini sudah mencapai 76 persen dan diharapkan akan tercapai atau tersalurkan seluruhnya pada Oktober nanti.

Berbicara dalam pertemuan dengan awak media di Restoran Aroem, Kota Semarang, Selasa (23/8/2022), Toto mengatakan tahun 2022 ini pihaknya menargetkan capaian alokasi sebesar Rp4,8 triliun.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Sejauh ini yang teralokasikan adalah sebesar Rp3,9 triliun. Kami targetkan Oktober habis dan semoga setelah kami ajukan akan ada tambahan dari kementerian,” jelasnya.

Agar alokasi dana KUR tepat guna, Bank Jateng disebut Toto telah menggandeng beberapa pihak, terutama penyelenggara layanan aplikasi digital.

“Contohnya, karena sasaran kami adalah sektor produksi seperti pertanian, maka kami gunakan ekosistem digital pertanian yang bisa mengontrol penggunaan dana oleh petani dan mengatrol harga setelah panen agar tetap tinggi,” imbuh Toto.

Baca juga: Ekspedisi UMKM 2022: Kisah Perjuangan Pengrajin Batik Girilayu Karanganyar

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Bank Jateng, Heri Supriadi, mengatakan pihaknya akan menggandeng nasabah dari kalangan milenial.

“Mereka yang selama ini kesulitan mendapatkan pendanaan, akan kami bantu. Tentu dengan program-program menarik seperti cash back lima persen, bagi nasabah yang lancar pembayaran kreditnya,” kata Heri.

Sementara Toto menuntaskan, perekonomian dalam negeri pada tahun ini semakin membaik setelah dua tahun terakhir terganggu pandemi Covid-19. Ia berharap pergeseran dari pandemi ke endemi akan memberikan kenaikan plafon KUR di Bank Jateng.

Baca juga: Tahun 2021, Bank Jateng Cetak Laba Rp1,77 Triliun

“Kami terus berusaha memberikan yang terbaik. Apresiasi yang sudah kami dapatkan adalah dengan menjadi bank daerah dengan program KUR terbaik nomor dua se-Indonesia tahun ini. Target kami berikutnya adalah menjadi nomor satu di capaian yang sama,” tandas Toto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya