SOLOPOS.COM - Warga antusias menyaksikan penampilan tim terjun payung dari Denjaka TNI AL dalam pembukaan kejurnas Grass track Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 di Sirkuit Jangkar UIN Salatiga Jumat (21/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Aksi tim terjun payung Denjaka TNI AL membuat kagum warga Salatiga yang tumpah ruah di Sirkuit Jangkar UIN Salatiga saat pembukaan Kejuaraan Nasional Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023, Jumat (21/7/2023) sore.

Dalam acara pembukaan itu, warga antusias melihat berbagai pertunjukan kesenian, pameran kendaraan militer untuk perang atau alutsista, dan yang paling ditunggu adalah penampilan tim terjun payung dari pasukan elite TNI Angkatan Laut (AL), Detasemen Jalamangkara atau Denjaka.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Belasan personel dari tim khusus TNI AL itu melayang-layang menghiasi langit Kota Salatiga. Penampilan itu membuat warga yang hadir kagum.

Salah satunya Ari, warga Kecandran, Salatiga ini mengaku baru kali ini melihat tim terjun payung secara langsung. Apalagi yang terjun adalah kesatuan elite TNI AL.

“Kalau lihat terjun payung ini baru pertama, ternyata terjun langsung dari pesawat yang sangat tinggi ternyata. Kalau biasanya lihat paling paramotor atau para layang,” jelas dia.

Kejuaraan Nasional Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 dibuka langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono.

Laksdya Heri menyebut penunjukan Salatiga menjadi tempat diselenggarakannya kejuaraan di putaran ke-3 dibawah pimpinan Komandan Lanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, selaku ketua panitia bukan tanpa alasan. Tokoh pahlawan TNI AL Yos Sudarso merupakan salah satu perwira yang lahir dari kota ini.

“Dengan event tersebut diharapkan dapat semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap TNI AL sekaligus memberikan motivasi generasi muda bangsa untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL,” kata Wakasal Jumat (21/7/2023) sore.

Denjaka TNI AL
Warga antusias menyaksikan penampilan tim terjun payung dari Denjaka TNI AL dalam pembukaan kejurnas Grass track Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 di Sirkuit Jangkar UIN Salatiga Jumat (21/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Pada putaran ini, sedikitinya 300 atlet muda motocross dari seluruh Indonesia akan beradu kecepatan di sirkuit balap.

Sebelumnya, Kasal Cup 2023 putaran pertama telah diselenggarakan di Mojokerto, Jawa Timur, kemudian berlanjut di Kota Tegal dan kini di Salatiga, Jawa Tengah. Putaran keempat akan digelar di Gresik, Jawa Timur dan terakhir putaran kelima di Deli Serdang, Sumatra Utara.

Selain itu, Laksdya Heri menyatakan dengan digelarnya Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 dapat mewadahi bagi para pecinta olahraga otomotif di Indonesia.

“Serta menjadi ajang pencarian potensi muda berbakat yang dapat mengukir prestasi di tingkat nasional hingga internasional,” terang dia.

Selain digelarnya Kejurnas Motocross, di Kota Salatiga juga diselenggarakan kegiatan Yos Sudarso Cup Salatiga Navy Event 2023 yang diikuti dan dihadiri oleh masyarakat.

Beberapa kegiatan di antaranya fun bike, push bike, fun run 5 K dan 10 K, kompetisi modifikasi motor, lomba mewarnai untuk anak, fashion show.

Kemudian chef competition, senam bersama, festival band, kids talent competition, bakti kesehatan serta donor darah, hingga pameran sejumlah alutsista TNI AL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya