SOLOPOS.COM - Ilustrasi ternak ayam (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Bisnis peternakan ayam broiler di Pekalongan mengalami masalah penurunan harga yang tajam.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Harga ayam jenis broiler di sejumlah pasar hewan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, “terjun bebas” alias anjlok 34% karena semula Rp24.000 per ekor kini Rp16.000 per ekor.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pedagang ayam di Pasar Hewan Kuripan Kota Pekalongan, Iliyas, Kamis (17/9/2015), mengatakan anjloknya harga ayam tersebut sudah terjadi sejak sepekan terakhir karena stok unggas ini melimpah.

“Memang harga ayam sempat melonjak pasca-Lebaran. Akan tetapi, kini harga ayam anjlok karena pasokan melimpah,” katanya.

Menurut dia, pembibitan ayam dari para peternak yang sudah dilakukan sejak sebelum Lebaran kini sudah memasuki masa panen sehingga stok melimpah.

Bagi pedagang, kata dia, turunnya harga ayam tidak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan mereka tetapi justru hal itu menimbulkan kerugian relatif cukup besar pada peternak.

Ia mengatakan saat ini pasokan ayam yang relatif berlimpah tidak diimbangi dengan kenaikan permintaan daging ayam oleh masyarakat sehingga harga ayam diperkirakan akan berlangsung relatif cukup lama.

“Tingkat pembelian ayam oleh masyarakat kini masih terlihat seperti biasa sehingga diperkirakan rendahnya harga ayam boiler akan berlangsung sampai beberapa waktu ke depan,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kota Pekalongan, Supriono, mengaku harga ayam sempat naik karena pasokannya berkurang.

“Akan tetapi, kini harga ayam jenis broiler sudah turun karena pasokan melimpah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya