SOLOPOS.COM - Peserta JKN-KIS di Blora mendapatkan sepeda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa (23/1/2024), di Gedung Larasati, Kecamatan Blora. (Istimewa)

Solopos.com, BLORA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan diri bersilaturahmi dengan ribuan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Gedung Larasati, Kecamatan Blora, di sela-sela kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Selasa (23/1/2024),

Selain menyapa para peserta JKN-KIS di Kabupaten Blora, Presiden juga menunjuk secara acak dan meminta testimoni dari perwakilan peserta. Jokowi ingin mendengarkan terkait manfaat program tersebut secara langsung dari masyarakat.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Bupati Blora, Arief Rohman, bersama Menteri Kesehatan dan Pimpinan BPJS Kesehatan secara langsung menyaksikan Presiden saat mewawancarai salah satu warganya.

Salah satunya adalah Suwito, warga Kelurahan Bangkle, Kecamatan Blora. Dia ditunjuk secara acak oleh Presiden Jokowi untuk menceritakan pengalamannya dalam memanfaatkan program JKN-KIS.

Suwito bercerita mengalami penyakit lambung dan kerap kali dibawa ke rumah sakit daerah di Blora. Presiden Jokowi kemudian menanyakan bagaimana pelayanan di rumah sakit kepadanya.

“Terus panjenengan kalau ke rumah sakit pakai kartu atau KIS nggih? Dipungut biaya mboten? [Lalu Anda kalau ke rumah sakit pakai kartu atau KIS ya? Dipungut biaya tidak?]” tanya Jokowi.

Mboten, penanganane nggih sae [tidak, penanganannya juga bagus],” jawab Suwito kepada Presiden.

Seusai mewawancarai Suwito, Jokowi menyerahkan satu unit sepeda kepadanya sebagai bentuk apresiasi karena telah mau berbagi pengalaman di hadapan ribuan peserta JKN-KIS lainnya.

“Pak Suwito diwawancarai juga ngendika apa anane nggih, dapet sepeda [Pak Suwito diwawancarai juga bilang apa adanya, dapat sepeda],” ucap Jokowi yang disambut meriah masyarakat.

Hal yang sama juga dilakukan Presiden kepada Devi, warga Bangkle yang telah berani maju dan menceritakan pengalamannya selama memanfaatkan kartu KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Devi juga bercerita bahwa dirinya tidak dipungut biaya.

Beri Apresiasi untuk Rumah Sakit

Lebih lanjut, Presiden mengapresiasi pelayanan rumah sakit tersebut. Dia menegaskan memang seharusnya rumah sakit melayani masyarakat dengan baik. “Pak Bupati katanya pelayanannya sae [bagus], karena memang rumah sakit, dokter, harus melayani masyarakat sebaik-baiknya,” terangnya

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut di Kabupaten Blora salah satunya ingin memastikan bagaimana kebermanfaatan KIS dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi masyarakat.

“Ini supaya yang lain juga tahu bahwa pemerintah sudah berusaha penuh agar kehidupan masyarakat baik di bidang kesehatan, ada KIS, di bidang pendidikan ada Kartu Indonesia Pintar [KIP], KIP kuliah juga ada ditambah lagi anggarannya,” paparnya yang dikutip Kamis (25/1/2024).

Berkaitan dengan silaturahmi dengan para peserta JKN-KIS di Blora, Presiden Jokowi ingin memastikan pelaksanaan program tersebut di daerah.

“Saya ingin bertemu dengan bapak ibu sekalian ingin memastikan bahwa KIS itu sangat berguna BPJS itu sangat berguna bagi rakyat kita itu yang pengin saya sampaikan,” kata Jokowi.

Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut juga mengapresiasi masyarakat Blora yang telah terus terang menceritakan bagaimana bermanfaatnya KIS ini.

“Saya senang tadi semuannya sudah menyampaikan secara blak-blakan, tadi sudah saya tunjuk secara acak untuk memastikan bahwa Kartu Indonesia Sehat, BPJS betul-betul bermanfaat bagi seluruh masyarakat kita,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah menteri, yakni Menko PMK, Menteri PUPR, PJ Gubernur Jawa Tengah, pimpinan BPJS Kesehatan, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya