SOLOPOS.COM - Bupati Blora, Arief Rohman, menerima penghargaan Adipura 2022 kategori Kota Kecil Terbersih.

Solopos.com, BLORABlora menerima penghargaan Adipura 2022, kategori Kota Kecil Terbersih. Penghargaan dari Presiden RI tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., di Gedung Manggala Wanabhakti KLHK, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023) lalu.

Dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto, ST., MM, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menerima langsung penghargaan tersebut. Pencapaian prestasi ini menjadi kado buat Arief Rohman bersama Tri Yuli Setyowati (Artys), yang telah memimpin Blora selama 2 tahun.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Bupati Blora, Arief Rohman, menyampaikan keberhasilan Blora meraih Adipura berkat kerja sama seluruh pihak bersama masyarakat. “Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh tenaga kebersihan, pasukan orange, tim saber sampah dan seluruh masyarakat yang tidak kenal lelah membersihkan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik. Terima kasih atas kerja sama seluruh pihak, bersama masyarakat.”

Blora Raih Adipura-2
Bupati Blora, Arief Rohman, menerima penghargaan Adipura 2022 kategori Kota Kecil Terbersih.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini berkomitmen akan terus mendorong pembentukan TPS 3R yang ada di desa-desa agar Blora semakin bersih.

“TPA Blora telah selesai direvitalisasi dan kami terus dorong pembentukan bank sampah dan TPS 3R agar Blora semakin bersih. Adipura ini tentu menjadi pelecut semangat dalam menjaga kebersihan. Semoga tahun depan bisa kita pertahankan sampai meraih Adipura Kencana. Dengan kebersamaan inshaAllah kita bisa,” papar Mas Arief.

Kirab Piala

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, Istadi, mengatakan berdasarkan surat undangan yang dilayangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, tertanggal 16 Februari 2023, Kabupaten Blora menjadi salah satu kota terbersih yang pantas menerima penghargaan adipura. “Ini berkat usaha dan doa dari semua masyarakat Blora. Alhamdulillah,” terangnya.

Istadi mengatakan penghargaan Adipura bukanlah yang kali pertama yang diterima Blora. Sebelumnya, Blora juga pernah menerima Adipura yaitu pada tahun 1992, 1993, 2016 dan terbaru tahun 2023 ini.

Kemudian pada Minggu, (5/3/2023) pagi, ratusan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora melakukan kirab Piala Adipura tersebut. Mengambil start dari alun-alun, oleh Bupati, Piala Adipura diserahkan kepada petugas kebersihan yang selama ini menjadi pahlawan kebersihan lingkungan. Selanjutnya, para petugas kebersihan itu secara bersama-sama diarak dengan jalan kaki dan diiringi Barongan Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya