SOLOPOS.COM - Ilustrasi BMKG. (bmkg.go.id)

Solopos.com, CILACAP — Berbagai wilayah di Jateng, khususnya di bagian selatan diperkirakan telah memasuki musim pancaroba alias peralihan dari musim hujan menuju kemarau. Meski seperti itu, hujan masih diperkirakan turun, terutama saat sore dan malam hari.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, seperti diberitakan Solopos.com dari Antara, Jumat (10/3/2023). Masyarakat diimbau mewaspadai potensi puting beliung berupa hujan lebat yang terjadi secara tiba-tiba dengan disertai angin kencang yang berlangsung singkat dan kadang disertai petir.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Perkembangan cuaca saat ini masih ada hujan tetapi tidak merata, lebih sering terjadi pada sore hingga malam hari dan kadang disertai petir,” katanya.

Teguh Wardoyo mengatakan suhu udara saat ini berkisar 23-32 derajat Celcius dan suhu maksimum biasanya akan berangsur naik seiring dengan masuk ke masa pancaroba.

Selain itu, pola angin saat sekarang bergerak dari arah tenggara hingga barat dengan kecepatan berkisar 5-40 kilometer per jam. Sedangkan kelembapan udara berkisar 63-96 persen.

“Ke depan, untuk wilayah Cilacap masih berpotensi hujan ringan hingga sedang terutama sore-malam hari, sedangkan wilayah Banyumas cenderung siang-sore hari,” jelasnya.

Teguh Wardoyo mengatakan cuaca mulai terlihat mendung seiring dengan munculnya awan cumulus (awan putih berlapis-lapis) saat menjelang siang. Selanjutnya disusul kemunculan awan cumulonimbus (CB) yang berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

“Awan CB itulah yang dapat memicu terjadinya puting beliung,” katanya.

Saat sekarang, laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga memasuki masa transisi dari musim angin baratan menuju musim angin timuran. Tinggi gelombang relatif sedang (1,25-2,5 meter) yang sering terjadi di laut selatan Jabar-DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya