SOLOPOS.COM - Pelataran Tentrem Area Coffee di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. (Solopos.com - Ponco Wiyono)

Solopos.com, KENDAL — Di kawasan Limbang-Sumowono, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), terdapat sebuah kedai kopi yang sudah cukup populer di kalangan pelancong. Kedai kopi itu tak lain adalah Tentrem Area Coffe yang menyajikan aneka minuman seperti kopi hingga susu jahe merah.

Namun, bukan hanya sajian dari kedai kopi ini saja yang membuat pelanggan terkesima. Namun, juga keikhlasan pemiliknya yang membebaskan pengunjung untuk makan sepuasnya dengan membayar seikhlasnya.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Berada di antara Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang, atau tepatnya di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kendal, Tentrem Area Coffee adalah kedai kopi favorit para pelintas jalan tersebut.

Pemilik Tentrem Area Coffee ini bernama Aili. Perempuan asal Sumatra Selatan ini mengambil alih kedai tersebut dari mendiang suaminya, Tentrem, yang telah meninggal dunia.

“Sejak suami saya berpulang, saya tidak pernah mengubah konsep di kedai kami. Semua masih sama. Bayar seikhlasnya, makan seadanya,” kata Aili kepada Solopos.com, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Kasus Ismail Bolong, Kapolri Didesak Nonaktifkan Kabareskrim Komjen Agus

Pembeli tidak perlu sungkan saat membayar lantaran Aili menyediakan kotak khusus untuk pembayaran. Pelanggan juga bisa mengambil uang kembalian sendiri di kotak tersebut.

Meski terkesan sederhana, konsep Tentrem Area Coffee ini tidak membuat kedai ini sepele di mata pelanggan. Penggemar susu jahe merah di kedai kopi yang ada di Limbangan Kendal ini berasal komunitas sepeda, komunitas motor besar, sampai pejabat pemerintah setempat.

kedai kopi Kendal
Sajian pisang goreng dan susu jahe merah menjadi menu favorit di Tentrem Area Coffee, Limbangan, Kendal. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Puluhan orang rela mengantre bahkan memesan tempat lebih dulu jauh-jauh hari sebelumnya. Seperti diceritakan Aili, pengunjung bahkan meliputi kalangan ekspatriat yang datang ke Limbangan untuk berkemah di sekitar pemandian air panas Gonoharjo atau Promasan.

Baca juga: Malih Dadi Segara, Area Banjir Rob Pesisir Pekalongan Meluas

“Andalan kami susu jahe merah, itu jahenya direbus pakai kayu. Sementara kopinya kami ambil dari petani lokal,” jelasnya.

Apa yang Aili sampaikan memang benar. Susu jahe merah Tentrem Area Coffe sangat nikmat diminum. Solopos.com yang juga mencicipi pisang kepok goreng yang dipotong kecil-kecil serta mendoan panas.

Paduan penganan itu dengan susu jahe merah memang sangat nikmat disantap di tengah udara sejuk di kawasan Limbangan, Kendal. “Kalau datang ke sini tidak bisa memilih mau makan apa. Jadi menu apa yang ada ya itu yang bisa dipesan. Ada ikan kering dan kangkung ya hanya itu. Tapi pakai konsep ini pun orang masih datang ke sini,” tutur Aili.

Mencapai Tentrem Area Coffee dari arah Semarang cukup mudah. Ambil arah Boja-Sumowono, dan kedai ini berada kurang lebih satu kilometer dari gapura Desa Gondang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya