SOLOPOS.COM - ilustrasi lari maraton (JIBI/Solopos/dok)

Borobudur International 10k akan digelar pada 15 November 2015 mendatang di Taman Lumbini Kompleks Candi Borobudur.

Kanalsemarang.com, JAKARTA – Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 yang akan digelar pada 15 November 2015 di Taman Lumbini Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, menargetkan jumlah peserta sebanyak 16.000 orang, baik dari luar negeri dan dalam negeri.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Kami mendukung penyelenggaraan Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 sebagai langkah nyata promosi pariwisata daerah,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers Borobudur International 10K dan Half Marathon, di Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Arief mengatakan Borobudur International 10K dan Half Marathon tersebut masuk dalam kategori pariwisata olahraga yang juga dapat dipergunakan untuk mempromosikan destinasi atau produk-produk unggulan daerah kepada para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Menurut Arief, wisata olahraga merupakan salah satu andalan untuk memenuhi target wisatawan mancanegara, karena para peserta akan membawa keluarga atau pendukung untuk memberikan dukungan dalam perlombaan tersebut.

Arief menambahkan, pada tahun 2015 ini total hadiah yang disiapkan oleh panitia sebesar Rp1,6 miliar. Diharapkan, pada penyelenggaraan tahun berikutnya, total hadiah tersebut bisa dinaikkan untuk menarik jumlah peserta lebih banyak lagi dan tentunya mendorong peningkatan jumlah wisatawan.

“Semakin tinggi hadiahnya akan semakin menarik. Sekarang Rp1,6 miliar dengan jumlah peserta 16 ribu orang. Tahun depan bisa ditingkatkan menjadi Rp3 miliar dan jumlah peserta pasti juga akan meningkat,” kata Arief.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Tengah Prasetyo Ariwibowo mengatakan bahwa tercatat jumlah peserta hingga Rabu (28/10) sudah mencapai sebanyak 11.325 orang dan diharapkan target 16.000 orang peserta dapat tercapai.

“Untuk Half Marathon, dari elite internasional sebanyak 30 orang dan elite nasional sebanyak 30 orang,” ujar Prasetyo.

Borobudur International 10K dan Half Marathon tersebut sudah diselenggarakan sejak tahun 1990, namun perhelatan tersebut sempat terhenti pada tahun 2005. Pada tahun 2015 ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga sejak terhenti pada 2005 silam.

Rangkaian acara pada Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 itu akan diisi oleh pemilihan duta wisata Jawa Tengah, Tour de Borobudur yang akan mendatangkan 1.000 bikers, dan Borobudur Jazz Festival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya