SOLOPOS.COM - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, saat menyaksikan langsung timnya bertanding pada Derbi Jateng melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Sabtu (16/9/2023). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman).

Solopos.com, SEMARANG — CEO PSIS yang juga anggota DPR RI, Yoyok Sukawi, mengaku siap maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pemilihan wali kota (pilwalkot) Semarang 2024.

“Iya [maju Wali Kota Semarang]. Bismillah,” ujar Yoyok kepada Solopos.com, Senin (1/11/2023).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Yoyok sendiri saat ini masih tercatat sebagai anggota Komisi X DPR RI. Ia memenangi kursi parlemen dari Partai Demokrat daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng) I pada tahun 2019 lalu.

Yoyok pun mengaku ke depan akan lebih mendekatkan diri kepada konstituen dan masyarakat Kota Semarang. Putra dari Wali Kota Semarang periode 2005-2010, Sukawi Sutarip, itu juga siap melakukan silaturahmi ke tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kota Lumpia.

“Ya kalau itu [persiapan] saya rasa masih lama. Kita juga masih akan menghadapi pemilu legislatif dan pemilu presiden. Partai pasti akan menentukan sikap setelah pileg dan pilpres. Tapi, intinya semua partai kita ajak komunikasi. Komunikasi terus secara intensif. Semuanya, enggak hanya dari Koalisi Indonesia Maju [KIM],” tutur Yoyok.

Yoyok mengeklaim masyarakat merespons dengan baik kesiapannya untuk maju sebagai Wali Kota Semaarang periode 2024-2029. Ia bahkan mengeklaim elektabilitaasnya di Kota Semarang cukup tinggi.

“Alhamdulillah sekarang tanggapanya baik di masyarakat. Popularitas juga cukup tinggi. Itu semua jadi modal baik untuk Pilwalkot Semarang nanti,” ujarnya.

Yoyok Sukawi memang cukup dikenal oleh masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Popularitas itu tak terlepas dari peran sentral Yoyok Sukawi yang menjadi bos atau CEO PSIS Semarang, yang merupakan klub sepak bola kebanggaan warga Ibu Kota Jateng.

Hal tersebut salah satunya disampaikan seorang warga Ngaliyan, Abdul Afid. Ketika ditanya siapakah sosok Yoyok Sukawi, Afid langsung mengetahui sosok politikus Partai Demokrat yang juga bos PSIS Semarang.

“Ya cukup kompeten. Dia kan juga punya pengalaman politik, pengalaman di DPR. Tapi daripada maju [Pilwalkot] mending ngurusi PSIS sampai jadi juara Liga 1,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya