SOLOPOS.COM - Pemilik Mitra Gras ABC Carwash Salatiga, Sofiyan Hadi. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA–Merasa hidup biasa-biasa saja sebagai pegawai swasta, Sofiyan Hadi, warga Ringinawe, Kelurahan Ledok, Argomulyo, Salatiga memilih resign bekerja dan berinovasi dengan membuka usaha cuci mobil dan motor.

Tak disangka usaha yang ia rintis sejak 2019 semakin berkembang. Meskipun sempat turun akibat pandemi Covid-19. Sofyan bercerita awalnya adalah karyawan sebuah perusahaan di Boyolali. Awal resign ia memulai usaha bengkel motor.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Lalu saya resign dan mempunyai inisiatif membuka bengkel. Namun, setelah berjalan karena montir pada pergi, akhirnya beralih menjadi cuci mobil dan motor,” kata Sofiyan, ditempat kerjanya Jl Raya Salatiga–Tingkir, tepatnya lampu merah ABC, Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Senin (9/1/2022).

Sofiyan menyebut membuka usaha ini berawal dari kecintaannya dengan mobil. Selain itu juga ingin mandiri.

“Saya ingin mandiri, tidak kerja ikut orang terus,” ungkapnya.

Dia juga bercerita sempat pasrah menerima apa adanya karena saat usaha dibuka, tak berselang lama dilanda pandemi Covid-19.

“Saat grand opening pas pandemi Covid-19. Ya apa adanya rezeki sudah ada yang mengatur. Alhamdulillah jalan meski omzet sempat menurun,”jelas dia.

Sofiyan menjelaskan usaha cuci mobil dan motor yang ia beri nama Mitra Gras ABC Carwash Salatiga ini dengan sistem cuci mobil tanpa sentuh alias touchless.

Sistem kerjanya pada dasarnya menggunakan alat semprot air bertekanan tinggi untuk merontokkan debu dan kotoran.

“Mencuci tanpa menyentuh itu awalnya kita cari yang praktis dan waktunya singkat, namun tetap bersih karena kita menggunakan jenis sampo khusus,” jelas dia.

Ia menambahkan selain itu usahanya juga melayani sporing, balancing, tune up, calibration injector, flussing oli matic, kaki kaki, service besar, service ringan dan lainya.  “Ya pokoknya kita melayani perawatan mobil yang ringan,” tambah dia.

Sofiyan mengungkapkan saat ini terlebih saat musim penghujan jumlah pelanggan terus bertambah, bahkan antreannya sangat banyak.

Terpisah, salah satu pelanggan, Nur Muzaeni, mengaku mencuci di tempat ini selain pelayanannya baik hasilnya sangat bersih.

“Sepuluh tahun lebih saya merawat mobil. Dan dua tahun lalu diberi refrensi teman, dan ternyata hasilnya memuaskan maka sejak dua tahun ini langganan nyuci disini,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya