SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tugu Lawet di Kebumen. (id.wikipedia.org)

Solopos.com, KEBUMEN — Kebumen merupakan nama sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Kebumen yang dikenal sebagai kabupaten atau daerah penghasil sarang burung walet juga memiliki sejumlah julukan.

Setiap daerah pasti memiliki keragaman dan kekhasan masing-masing. Keragaman ini kerap melahirkan julukan unik untuk daerah itu. Pun demikian dengan kabupaten/kota di Jawa Tengah, termasuk Kebumen yang memiliki julukan sebagai moto bagi masyarakatnya.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Dilansir dari laman Internet kebumenkab.go.id, Kabupaten Kebumen terbagi dalam 26 kecamatan dengan kondisi sebagian wilayah merupakan daerah pantai dan perbuktian. Dengan mayoritas wilayah berupa dataran rendah, Kabupaten Kebumen rupanya memiliki berbagai julukan.

1. Kota Lawet

Julukan pertama yang melekat pada Kabupaten Kebumen adalah Kota Lawet. Julukan ini didapatkan Kebumen berdasarkan pada fakta bahwa di kota ini terdapat banyak warga yang memproduksi sarang burung walet.

Ternyata julukan tersebut juga merujuk pada keberadaan sebuah tugu yang sangat terkenal di Kebumen, yakni Tugu Walet atau biasa disebut Tugu Lawet. Sarang burung walet tersebut oleh penduduk Kebumen kerap disebut dengan lawet.

2. Kota Seribu Pesona

Selain Kota Lawet, Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah (Jateng) rupanya juga memiliki julukan sebagai Kota Seribu Pesona. Julukan ini diberikan kepada Kebumen menyusul kekayaan dan keindahan alam yang dimiliki.

Di Kabupaten Kebumen memang terdapat sejumlah daya tarik wisata yang menarik berupa pantai, seperti Pantai Ayah dan Pantai Karangbolong. Kebumen menawarkan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam Jawa Tengah.

3. Bumi Tirta Praja Mukti

Kabupaten Kebumen juga kerap mendapat julukan sebagai Bumi Tirta Praja Mukti. Julukan ini didasarkan pada moto yang dimiliki daerah ini dan memiliki makna bumi dan tanah yang dapat menghasilkan kesejahteraan.

Ungkapan ini menandakan rasa syukur warga Kebumen akan wilayahnya yang subur yang dapat memberikan kemakmuran pada warganya.

4. Kota Selendang Budaya

Terakhir, Kabupaten Kebumen juga mendapat julukan sebagai Kota Selendang Budaya. Julukan ini diberikan menyusul warisan budaya di Kebumen yang kaya dan beragam. Kota ini memiliki berbagai macam seni dan budaya tradisional, seperti tari lawet, kuda lumping, dan wayang.

Perayaan dan festival budaya sering diadakan di Kebumen untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya