SOLOPOS.COM - Potret Bukit Siregol Purbalingga di kala musim hujan. (Istimewa/Instagram @casava.bay)

Solopos.com, PURBALINGGA — Selain terkenal industri dan kulinernya, Purbalingga juga terkenal akan eksotisme alamnya. Letaknya yang berada di cekungan rangkaian pegunungan membuat Purbalingga dianugerahi oleh panorama alam yang luar biasa.

Salah satu alamnya yang terkenal di Purbalingga, yakni Bukit Siregol. Objek wisata ini lokasinya di antara Desa Sirau dan Desa Kramat, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Lantaran alamnya yang masih lestari, Bukit Siregol jadi destinasi wisata alam favorit bagi pengunjung. Sempat viral di media sosial, pengunjung lokal maupun yang datang dari berbagai penjuru berbondong-bondong mendatangi Purbalingga untuk menyaksikan langsung kecantikannya.

Perbukitan ini menawarkan panorama indah berupa pepohonan mencapai langit yang hijau dan rindang. Hal itu menciptakan suasana seakan berada di negeri dongeng.

Keindahan alamnya dengan hutan pinus asri yang menjulang tinggi membuatnya disebut-sebut mirip dengan Hutan Amazon Amerika Serikat. Terlebih lagi dengan kehadiran beragam flora dan fauna yang mendiami bukit ini turut memperkuat anggapan Bukit Siregol nampak seperti Hutan Amazon.

Wisata Bukit Siregol yang lebih akrab dikenal dengan Siregol Superland ini menyimpan beragam kekayaan hayati. Ragam kekayaan itu, seperti pohon pinus, anggrek, aren, hingga kantung semar.

Bahkan, bukit ini juga menjadi tempat tinggal bagi beragam satwa liar langka. Tak jarang, elang Jawa terbang bebas mengepakkan sayapnya di langit biru, monyet ekor panjang, kungkang Jawa, hingga babi hutan yang tinggal di hutan bagian dalam.

Diolah dari berbagai sumber, konon perbukitan yang dijuluki sebagai pegunungan sisik naga oleh masyarakat sekitar ini menyimpan berbagai peninggalan prasejarah di tengah hutan. Dianugerahi pula dengan kelimpahan dengan curug hingga sungai, Bukit Siregol menjadi surga bagi pencinta alam dan fotografi.

Hutan pinusnya yang indah menawarkan latar belakang sempurna untuk momen-momen berkesan. Pengunjung sering kali berjalan-jalan di antara pepohonan yang tinggi dan menjulang atau sekadar duduk dan menghirup udara segar yang menyegarkan dan melupakan kepenatan kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya