SOLOPOS.COM - Bupati Tegal Umi Azizah dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) mengunjungi Desa Sumbaga, Kecamatan Bumijawa, untuk berdialog interaktif langsung dengan warga, pada Rabu (14/6/2023) siang. (tegalkab.go.id)

Solopos.com, TEGAL – Bupati Tegal, Umi Azizah, mengingatkan dan mengajak warga untuk turut menjaga dan merawat lahan. Umi menyebutkan Bumijawa merupakan kecamatan di Kabupaten Tegal yang termasuk daerah rawan bencana.

Kecamatan Bumijawa juga merupakan wilayah resapan air di Kabupaten Tegal. “Kecamatan Bumijawa ini termasuk rawan bencana sehingga perlu saya matur kepada panjenengan semua supaya bisa bersama-sama menjaga. Caranya dengan menanami tanah dengan tanaman keras. Hal tersebut guna mencegah longsor. Di sisi lain, airnya Kabupaten Tegal ini bergantung pada Bumijawa. Oleh karena itu, agar kebutuhan seluruh masyarakat terpenuhi, kita harus bersama-sama merawat lahan,” jelas Umi, seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi Pemkab Tegal, tegalkab.go.id, Jumat (16/6/2023).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Bupati Umi dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) mengunjungi Desa Sumbaga, Kecamatan Bumijawa, untuk berdialog interaktif langsung dengan warga, pada Rabu (14/6/2023) siang. Kunjungan tersebut merupakan program tilik desa Pemkab Tegal. Kegiatan tilik desa kedua di tahun 2023 itu mengusung tema “Diseminasi Informasi kepada Masyarakat Desa, yang diselenggarakan di depan SD Negeri Sumbaga 01.

Tak hanya bicara soal rawan bencana, Bupati Umi juga memaparkan beberapa program dan imbauan yang saat ini tengah digencarkan Pemkab Tegal terkait era digitalisasi. Ia mengimbau orang tua mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. Orang tua juga bisa mengarahkan anak-anak pada kegiatan positif, seperti hobi olahraga dan seni.

Umi juga memberikan informasi kepada warga bahwa di era sekarang ini, pendaftaran kerja bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu calo. Bupati juga menyampaikan pemetaan pendidikan dan kesehatan di Bumijawa dan penanggulangan stunting.

Ia mengimbau agar kepala desa dapat mengalokasikan anggaran untuk membuat program agar generasi muda dapat mencintai pertanian, mengingat Bumijawa merupakan sumber penghasilan pertanian di Kabupaten Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya