SOLOPOS.COM - Bupati Blora, Arief Rohman, saat melakukan sidak pembangunan infrastruktur jalan Bankeu Bojonegoro, Rabu (14/12/2022). (Tim Liputan Prokompim Blora)

Solopos.com, BLORABupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan jalan kabupaten yang anggarannya bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) di Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, hingga Desa Klagen, Kecamatan Kedungtuban, Rabu (14/12/2022) sore.

Jalan ini merupakan akses warga yang berada di tepi Bengawan Solo, penghubung Jembatan Terusan Bojonegoro Blora (TBB) menuju Bandara Ngloram.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Didampingi tim teknis dari DPUPR Blora, Bupati melakukan sidak di titik pertigaan Desa Ketuwan, Kecamatan Kedungtuban, pertengahan antara Medalem dan Klagen. Selain berdialog dengan pekerja, Bupati yang karib disapa Mas Arief ini juga menyapa warga sekitar.

“Jalan kabupaten yang tadinya rusak parah, alhamdulillah akhir Desember nanti semuanya full beton. Mulai Medalem-Nglungger-Ketuwan-Jimbung-Panolan hingga Klagen sepanjang 9 kilometer [km] lebih, dengan anggaran hampir Rp33 miliar dari Bankeu Bojonegoro. Hari ini, kami cek langsung agar selesai tepat waktu,” ujar Bupati Blora.

“Jika sesuai kalender kontrak pekerjaan waktunya hingga 24 Desember. Namun setelah kita cek tadi, pelaksana sanggup menyelesaikan dalam tiga hari kedepan. Tentunya kita minta kualitas tetap diutamakan,” sambung Bupati.

Baca juga: Warga Blora Senang, Bupati & Mantan Kepala Daerah Kumpul Bersama di Resepsi Hari Jadi

Menurut Bupati Arief, jalan ini merupakan jalur alternatif penghubung Ngraho Bojonegoro via Jembatan TBB menuju Bandara Ngloram yang berada di bagian selatan Kecamatan Cepu.

“Maturnuwun Pemkab Bojonegoro, Ibu Bupati Bojonegoro Dr. Hj. Anna Muawanah, dan segenap DPRD Bojonegoro, yang telah membantu anggaran pembangunan jalan ini. Sehingga warga Bojonegoro dari Ngraho dan sekitarnya kalau hendak ke bandara tidak perlu berputar ke Padangan-Cepu. Warga Bojonegoro semakin mudah ke Bandara Ngloram, Blora juga semakin baik infrastrukturnya. Sinergi pembangunan kawasan bersama ini semoga terus berlanjut dan bermanfaat untuk masyarakat di kedua wilayah Kabupaten,” sambung Bupati.

Bersama-sama Membangun

“Insyaallah bulan depan, Januari 2023 penerbangan pesawat di Bandara Ngloram juga akan dibuka kembali. Semangat sesarengan mbangun [bersama-sama membangun] Blora berkelanjutan,” sambung Bupati.

Kepala DPUPR Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT., melalui Kepala Bidang Bina Marga, Nidzamudin Al Hudda, ST., yang ikut mendampingi sidak Bupati, menerangkan paket pembangkit jalan dari Bankeu Bojonegoro ini masuk APBD Perubahan 2022 Pemkab Blora.

“Proyek dibagi menjadi 4 pekerjaan. Perkembangannya per Rabu ini untuk Menden – Ketuwan sepanjang total 5.125 meter realisasi sudah 4.675 meter atau 91,2%. Rencana bisa 100% dalam waktu 2 hari lagi. Yang kedua, ruas Ketuwan – Panolan sepanjang 2.629 meter sudah selesai 100%,” ungkap Hudda.

Baca juga: Kabupaten Blora Simpan Banyak Potensi Investasi, Migas hingga Mal

Lantas yang ketiga menurut Hudda, pekerjaan Sidorejo – Kenongogong sepanjang 670 meter, baru terealisasi sepanjang 170 meter atau 25%. Rencana, 100% ditarget dalam kurun tiga hari ke depan.

“Pekerjaan keempat yakni ruas Panolan – Klagen sepanjang total 1.200 meter sudah terealisasi 100%. Pembangunan menggunakan besi wiremesh seperti jalan tol. Meskipun tampak kecil, namun lebih kuat dan cepat pengerjaannya,” tambahnya.

Sementara itu, Sarwoko, salah satu warga Ketuwan, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora yang telah mengupayakan pembangunan jalan utama di desanya. “Maturnuwun Pak Bupati, jalannya sudah dibangun, wis alus. Semoga awet,” ucapnya singkat.

Di pertigaan Ketuwan juga tampak baliho ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang dipasang warga atas dilaksanakannya pembangunan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya