SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat Id. (Dok Solopos)

Solopos.com, BANYUMAS — Bupati Banyumas, Achmad Husein, mempersilakan warga Muhammadiyah yang merayakan Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah pada Jumat (21/4/2023) menggelar salat Id di Alun-Alun Purwokerto.

“Memang sering terjadi perbedaan [penetapan 1 Syawal]. Namun, bagi bangsa Indonesia, khususnya Banyumas tidak masalah dengan perbedaan itu,” katanya di sela pemantauan Pos Pengamanan Lebaran 2023 di Simpang SPBU Ajibarang, Banyumas, Selasa.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Oleh karena itu, kata dia, di Banyumas tidak terjadi penolakan terhadap kelompok masyarakat yang ingin menggelar salat Id di fasilitas umum milik pemerintah pada tanggal 21 April 2023. Bahkan, kata dia, Muhammadiyah yang menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah pada 21 April boleh menggelar salat Id di alun-alun.

“Enggak ada larangan, di sini [Banyumas] nasionalis. Mau Muhammadiyah, mau NU [Nahdlatul Ulama], atau mau agama apa pun kalau mau pakai alun-alun ya silakan. Enggak apa-apa, pakai fasilitas pemerintah juga enggak apa-apa. Banyumas beda dengan daerah lain,” ucapnya.

Disinggung mengenai kegiatan takbir keliling yang akan digelar masyarakat pada malam menjelang Idulfitri, Bupati Banyumas mengatakan hal itu tidak masalah sepanjang tidak digelar di jalan nasional atau jalur utama mudik.

Ia mempersilakan masyarakat menggelar takbir keliling di jalan-jalan kampung atau jalan-jalan desa.

“Kalau takbir keliling di jalan nasional akan mengganggu arus lalu lintas, sehingga jika sampai ada yang takbir keliling di jalan utama itu akan dibubarkan,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, mengatakan pihaknya akan mengikuti kebijakan Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait dengan pelaksanaan kegiatan takbir keliling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya