SOLOPOS.COM - Tangkapan layar penumpang bus pariwisata yang terperosok ke sungai di kawasan wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) siang. (Istimewa)

Solopos.com, TEGAL — Satu orang meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan bus pariwisata di kawasan wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) siang. Sementara untuk korban yang mengalami luka-luka sebanyak 36 orang.

Kapolres Tegal, AKBP Mochammad Sajarod Zakun, mengatakan dari data manifest menunjukkan ada 50 orang yang tercatat sebagai penumpang bus rombongan ziarah tersebut.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Namun, saat kejadian nahas itu terjadi, baru 37 orang yang berada di dalam bus. Sedangkan 13 orang penumpang belum naik atau belum berada di dalam bus.

“Dari manifest 50 orang, tapi di dalam bus saat kejadian ada 37, sisanya 13 [orang] belum naik,” kata dia, Minggu.

Dalam kejadian itu, kata Zakun, ada satu orang penumpang yang dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan untuk penumpang yang mengalami luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit.

“Dari 37 itu, 1 meninggal dunia dalam perawatan sempat dibawa ke rumah sakit. Satu orang luka berat dan 35 [penumpang] luka ringan,” jelasnya.

Dia menuturkan saat kejadian itu terjadi bus masih dalam kondisi hidup dan sedang dipanasi oleh sopir. Meski demikian, bus tersebut sudah diganjal dan juga direm menggunakan hand rem.

“Kami sedang dalami karena bus sedang dipanasi dan sudah diganjal dan juga pakai hand rem, posisi tempat parkir agak menurun ini masih diselidiki kenapa bus bisa jalan,” tutur dia.

Waktu kejadian itu, sopir tidak ada di kemudi saat bus sedang dipanasi. Sedangkan kernet bus yang menyalakan mesin  kemudian keluar.

Setelah kernet keluar, bus tanpa pengemudi itu tiba-tiba berjlaan di jalan menurun hingga akhirnya terguling masuk ke jurang.

Dalam video yang beredar terlihat bus pariwisata berwarna merah itu melaju secara perlahan kemudian semakin cepat karena berada di jalan yang menerun. Kemudian bus menabrak warung dan akhirnya terguling ke sungai.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kronologi Bus Jatuh ke Jurang Guci: Tak Ada Sopir, Rem Tangan Dilepas Bocah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya