SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan saat berusaha mengevakuasi sopir bus yang terjepit pedal kopling akibat kecelakaan dengan truk di Jalan Raya Magelang, Rabu (18/1/2023). (Solopos.com-Basarnas Kantor SAR Semarang)

Solopos.com, MAGELANG — Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi sopir asal Jepara, Ari Siswanto, yang kakinya terjepit pedal kopling setelah bus yang dikendarainya mengalami kecelakaan dengan menabrak truk yang berhenti di Jalan Raya Magelang, Desa Kedungdowo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Rabu (18/1/2023).

Sopir bernama Ari Siswanto, 40, warga Desa Banjaran RT 005/RW 005 Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, itu mengalami kecelakaan sekitar pukul 13.40 WIB.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, menceritakan kronologi kecelakaan bus yang menabrak truk di Jalan Raya Magelang itu. Awalnya, bus yang mengangkut 50 orang rombongan peziarah itu hendak menuju Gunungpring.

Namun, sekitar pukul 11.40 WIB, saat melintas di Jalan Raya Magelang, Desa Kedungdowo, Mertoyudan, bus yang dikendarai korban itu menabrak mobil yang ada di depannyaa karena berhenti mendadak.

“Menurut keterangan saksi, Udin, 29, yang merupakan kernet bus, bus menabrak mobil di depannya yang berhenti mendadak. Karena truk di depan berhenti mendadak, sopir tidak bisa mengendalikan busnya hingga terjadilah kecelakaan,” jelas Heru dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (18/1/2023).

Mendapat informasi adanya sopir yang menjadi korban kecelakaan membutuhkan pertolongan evakuasi, Basarnas Kantor SAR Semarang pun langsung memerintahkan Koordinator Basarnas Unit Siaga Borobudur, Basuki, untuk menerjunkan aanggotanya. Dibekali peralatan SAR ekstrikasi, tim SAR gabungan langsung menuju ke lokasi kecelakaan.

Sesampainya di lokasi, sang sopir tidak bisa keluar dari bus karena kaki kirinya terjepit pedal kopling akibat benturan dengan truk. “Proses penyelamatan pun dilakukan dengan memotong body dashbord dengan comby cutter untuk membuka akses penyelamatan dan dibantu ram jack untuk merenggangkan kopling yang menjepit kaki korban. Selanjutnya, korban dibawa ke RSUD Merah Putih,” ujar Heru.

Dengan berhasil dievakuasinya sopir truk itu, operasi SAR gabungan di Magelang tersebut dinyatakan sukses. Personel tim SAR gabungan pun langsung dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya