SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung tengah berfoto di Candi Joglo Purwodadi, Grobogan, Jateng. (Instagram @candi_joglo_purwodadi)

Solopos.com, GROBOGAN — Kabupaten Grobogan di Jawa Tengah (Jateng) memang tidak memiliki daya tarik wisata berupa candi layaknya Kabupaten Karanganyar dengan Candi Cetho dan Sukuh, maupun Magelang dengan Candi Borobudur. Meski demikian, hal ini tak menyurutkan pelaku pariwisata di Grobogan untuk membuat bangunan mirip candi yang kini menjadi magnet bagi wisatawan, yakni Candi Joglo Purwodadi atau yang dikenal juga dengan sebutan Candi Joglo Semar.

Candi Joglo ini sebenarnya berada di Kecamatan Toroh, tepatnya di Dusun Sukoharjo, Karangganharjo. Meski demikian, candi ini lebih populer dengan embel-embel Purwodadi, menyusul nama ibu kota kabupaten itu yang lebih populer dibanding nama kabupatennya.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Dikutip Jatengprov.go.id, Candi Joglo Purwodadi sebenarnya sudah ada sejak lama. Meski demikian, lokasi itu baru dibuka untuk umum sekitar 2022 lalu.

Adalah Muhadi, seorang warga Grobogan yang menggagas didirikannya Candi Joglo tersebut. Muhadi membuat bangunan yang mirip candi atau pura itu karena terdorong keinginan membuat suatu destinasi wisata yang mampu menjadi daya tarik wisatawan ke Grobogan.

Dikutip dari laman Grobogan.go.id, Candi Joglo Purwodadi ini awalnya merupakan sanggar seni dan budaya masyarakat Kabupaten Grobogan, sebagai wadah bagi seniman untuk mengembangkan bakatnya.

Baca juga: Mau Suasana Bali? Cukup ke Candi Joglo Grobogan Saja

Candi ini dibangun di lahan seluas 1 hektare dan terdiri dari beberapa bagian. Tempat ini awalnya digunakan untuk tujuan mediasi. Namun, setelah dibuka untuk umum, desain bangunan candi dibuat seperti pura supaya memberi kesan kepada para wisatawan yang berkunjung.

Selain dibentuk seperti pura di Bali, nuansa Bali makin kental dengan adanya suara khas gamelan Bali yang diperdengarkan secara terus menerus sehingga memberikan kesan bahwa ada wisata Bali di Grobogan, yakni di Candi Joglo Purwodadi.

Pengunjung yang ingin masuk ke candi ini pun hanya dikenakan tarif masuk Rp10.000 per orang dan sewa kain poleng seharga Rp5.000. Pengunjung yang datang pun bisa mengabadikan momen melalui foto.

Baca juga: Liburan Jelajahi Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Dengan berfoto di Candi Joglo Purwodadi ini, pastilah banyak yang mengira tengah berlibur ke Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya