SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas warga saat Car Free Night. (JIBI/Solopos/Antara)

Car Free Night segera direalisasikan di Alun-Alun Kudus.

Semarangpos.com, KUDUSPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah (Jateng) segera merealisasikan wacana malam tanpa kendaraan (car free night) di kawasan seputaran Alun-Alun Kudus untuk memberikan kesempatan masyarakat menikmati malam hari tanpa polusi asap knalpot.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kudus Didik Sugiharto, Senin (9/1/2017). “Persiapan sudah lama dilakukan karena wacana tersebut juga muncul pada awal September 2016, namun harapan sebelum akhir tahun 2016 bisa diujicobakan ternyata bertepatan dengan musim hujan sehingga terkendala,” ujarnya di Kudus.

Apabila dalam waktu dekat curah hujan mulai turun, kata Didik, car free night bisa segera diujicobakan. Ia mengatakan, car free night hampir seperti car free day, namun untuk beberapa ruas jalan akan dijadikan tempat parkir, seperti Jl. Jenderal Sudirman, Jl. A. Yani, Jl. Ramelan, dan Jl. Sunan Kudus.

Dalam memeriahkan car free night, katanya, akan dihadirkan pula sejumlah komunitas sepeda motor maupun mobil di Kudus serta beberapa atraksi menarik. Sementara itu, car free night tersebut, lanjut dia, akan dilaksanakan setiap hari Sabtu malam.

Alasan menyelenggarakan car free night, salah satunya karena antusiasme warga yang tinggi untuk mendatangi kawasan Alun-Alun Kudus sebagai tempat diselenggarakannya car free day atau sehari tanpa asap knalpot. Sejumlah kalangan juga menganggap, keberadaan car free day turut mendorong tumbuhnya pelaku usaha kecil karena mendapat kesempatan berjualan di area car free day di kawasan Alun-Alun Kudus.

Kebututuhan personel dari Dishub Kudus, diperkirakan cukup banyak karena kegiatan tersebut juga disambung dengan car free day. Pengalihan arus lalu lintas selama car free day berlangsung, sejauh ini tidak ada permasalahan karena dari arah Semarang yang hendak menuju Pati atau Jepara bisa melalui Jalan Lingkar Kudus, sedangkan yang terlanjur melalui kota bisa dialihkan menuju Jl. M.H. Basuno Kudus untuk tujuan Jepara dan menuju Jalan Agus Salim untuk tujuan Pati. Rambu penunjuk jalan juga sudah tersedia, karena selama ini jalur-jalur tertentu yang sering digunakan untuk pengalihan arus lalu lintas memang dilengkapi rambu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya