SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kampung Melayu Semarang. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Kota Semarang tidak kalah untuk urusan wisata. Banyak lokasi menarik di Kota Semarang serta spot yang instagramable yang bisa kamu kulik, sekaligus menjadi tempat favorit untuk mengisi agenda ngabuburit sepanjang Ramadan kali ini. Apa saja, yuk disimak!

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti kegiatan untuk menunggu waktu buka puasa. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan sambil menunggu bedug azan magrib mulai dari rekreasi, jalan-jalan, hingga berburu kuliner.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Nah, di Kota Semarang ada sejumlah tempat yang menjadi destinasi favorit atau pilihan untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Tak hanya menyajikan panorama yang indah dan tak menjemukan, sejumlah tempat ini juga menawarkan kuliner gratis untuk bersantap saat buka puasa.

Berikut tiga tempat ngabuburit yang favorit di Kota Semarang:

  • Kampung Melayu

Tidak hanya Jakarta, Semarang pun punya kawasan bernama Kampung Melayu. Yang asyik, Kampung Melayu di Kota Lunpia ini merupakan kawasan wisata sejarah yang belakangan menjadi buah bibir lantaran baru saja direvitalisasi oleh pemerintah kota.

Di kampung Melayu, kamu bisa berswafoto di gapura cantik, Masjid Layur yang berarsitekstur Asia Selatan, serta kelenteng Kam Hok Bio. Tak jauh dari sana, terdapat beberapa titik bersejarah seperti Kauman dan Kota Lama yang akan membuat ngabuburitmu semakin seru dan unik.

Kamu bisa mengakhiri puasa dengan mengudap makanan khas Timur Tengah seperti nasi kebuli atas kopi Arab yang khusus dijajakan setiap Ramadan.

  • Danau BSB
tempat ngabuburit di semarang
Ilustrasi Danau BSB. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Tempat ngabuburit yang apik lainnya di Semarang berada di Kecamatan Mijen, yakni Danau BSB. Danau ini sebenarnya masuk ke dalam komplek real estate beken Bukit Semarang Baru. Tapi jangan khawatir, akses masuk ke sana gratis. Danau BSB adalah titik ngabuburit yang pas untuk warga Semarang bagian barat.

Tersedia track lintasan keliling danau sejauh 1,5 km. Selain itu sekitar danau juga dilengkapi dengan toilet pria dan wanita yang terpisah. Ada pula taman satwa, spot foto yang cocok bagi kamu pemburu jempol dan suka di media sosial. Bawa sendiri takjilmua, sebab di sana juga disediakan tempat untuk makan minum.

  • Bendungan Kaligarang
tempat ngabuburit semarang
Ilustrasi Bendungan Kaligarang. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Banyak nama disematkan kepada bendungan di Simongan, tak jauh dari Sam Poo Kong, ini. Warga sekitar terbiasa menamainya Bendungan Pleret. Sudah dioperasikan sejak 1879, Bendungan Kaligarang semakin menarik minat masyarakat sebagai wahana ngabuburit murah seiring pemugaran di beberapa titik.

Tidak hanya untuk bersantai, sebagian warga juga memanfaatkan keberadaan beton di sekujur tebing untuk memancing.

Suasana semakin cantik tatkala hari mendekati senja, lantaran semburat oranye langit cakrawala berpadu dengan lampu-lampu di kiri kanan serta sepanjang jembatan Pleret. Kamu tak perlu khawatir kesulitan mendapatkan takjil, sebab ada banyak penjaja makanan di sekitar bendungan.

Nah, itulah tiga lokasi atau tempat yang bisa kamu gunakan untuk ngabuburit saat berada di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sepanjang bulan puasa kali ini. Silakan mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya